topic short url: http://dhct.ws/f18471

Author Topic: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010  (Read 5703 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.281
  • Reputasi: 46
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Ini saya kutip dari sebuah milist, mengenai gereja2 yang diganggu atau dibakar. Semoga umat Buddhamenjadi  sadar akan ancaman yang sedang dihadapinya bersama-sama dengan agama minoritas lain di nusantara ini.
=========================================================

Bersama ini kami sajikan daftar terbaru dari gereja-gereja yang diganggu atau dibakar sejak awal tahun 2009 hingga bulan September 2010.  Untuk tiap gereja kami beri komentar tersendiri.

 
1.    Gereja HKBP Jalan Pesanggrahan, Kelurahan Cinere, Kecamatan Limo, Kota Depok. Bulan Maret 2009 pihak Walikota Depok dari Partai PKS telah mencabut IMB gereja tersebut atas desakan massa . Pihak gereja tidak terima perlakuan diskriminatip ini dan membawa kasus tersebut dengan tim pengacara ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di ibu kota propinsi yaitu Bandung . Setelah beberapa kali sidang akhirnya PTUN memenangkan pihak gereja dalam kasus tersebut . Juga setelah Pemkot Depok naik banding tetap saja PTUN memenangkan pihak gereja . Dalam bulan September 2010 pihak gereja sudah memulai dengan pekerjaan pembangunan gereja namun karena ada warga disekitar yang tak senang pada pembangunan gereja maka pihak polisi terpaksa mengawal pekerjaan pembanguan gereja . Mohon baca www.christianpost.co.id

 
2.    Gereja HKBP Parung Panjang, Bogor. Dirobohkan oleh pihak Pemda Kabupaten Bogor pada hari Selasa tanggal 21 Juli 2009 . Pihak gereja mengadukan perkara ini ke Komnas HAM, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat tanggal 22 Juli 2009 (dilaporkan dalam Tabloid Rohani "Zaitun" no. IV tahun 2009 pada halaman 5)

 
3.    Gereja ka****k Santa Maria di Kawasan Industri Bukit Indah Sektor I Timur, Desa Cinangka, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Semula Bupati Purwakarta telah memberi izin pembanguan gereja yaitu IMB nanum setelah diteror oleh pihak FPI setempat maka  Bupati Dedy Mulyadi  mencabut kembali IMB gereja dalam bulan Oktober 2009 . Pihak gereja tidak menerima perlakuan diskriminatip tersebut dan mengajukan perkara kepada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Bandung yang  memenagkan pihak gereja dan lalu Pemda Kabupaten Purwakarta naik banding  namun karena dasar hukum pihak Pemda lemah maka PTUN Bandung tetap memenangkan pihak gereja . Kini gereja sedang  bersiap-siap untuk melanjutkan pembangunan gereja.

 

4.    Gereja ka****k Santo Johannes Baptista, Parung, Kabupaten Bogor. Gereja ini sudah lama mendapat perlakuan diskriminatip dari Pemda dan warga disekitar. Tahun 2008 yang lalu saat akan mengadakan kebaktian malam Paskah kegiatan kebaktian dihentikan oleh demonstrasi massa. Tahun 2008 gereja tidak dapat mengadakan perayaan Natal . Dalam perayaan Natal tahun 2009 hampir-hampir pihak gereja batal mengadakan kebaktian Natal tapi atas bantuan kami maka pihak Polres Bogor memfasilitasi gereja untuk mengadakan kebaktian Natal disebuah gedung milik pemerintah . Gereja telah lama mengajukan permohon izin membangun gereja tapi selalu saja mendapat hambatan dari Pemda setempat .Saat merayakan Paskah pihak gereja juga mendapat gangguan dari Camat setempat dan warga disekitar. Gereja ini tidak dapat merayakan hari Kenaikan Yesus Kesurga pada hari Kamis, tanggal 13 Mei 2010 karena dihalang-halangi Camat dan warga disekitar . Kini pihak gereja berusaha meredam suasana disekitar gereja agar kondusip.

 

5.    Gereja ka****k Santo Albertus diperumahan Harapan Indah, Medan Satria, Kota Bekasi.Gereja ini sedang dibangun dengan IMB lengkap dan pembanguan telah siap 80 persen . Pembangunan sedang dikerjakan sejak bulan Mei 2008 . Tanggal 17 Desember 2009 malam gereja diserang massa sebanyak 1000 orang termasuk Ibu-ibu dan anak-anak . Massa sebelumnya berkumpul dilokasi dekat Patung Tiga Mojang sekitar 1,5 km jauhnya dari gereja . Malam ini adalah malam menjelang tahun baru Islam 1 Muharam (tgl. 18 Desember) . Setelah berkumpul disana dan berorasi massa bergerak menuju gereja dan mulai menyerang pos penjaga didepan gereja . Massa membakar pos penjaga dan juga kontainer yang dipergunakan sebagai kantor sementara pihak kontraktor yang membangun gereja .Massa berteriak "bakar, bakar"  .Mereka membawa minyak tanah dan target mereka sebenarnya ialah membakar gereja. Namun untung bahwa polisi berhasil mencegahnya . Seorang warga gereja itu mengirim sms kepada saya pada tanggal 18 Desember pagi (yang adalah hari libur) dan sayapun agak kewalahan mencari informasi tentang kejadian itu . Tapi setelah cukup dapat informasi sayapun dapat mengambil langkah-langkah selanjutnya .Jadi untung polisi cepat datang sehingga massa gagal membakar gereja Santo Albertus.

 

6.    Gereja HKBP Filadelfia di Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi dengan Pdt. Palti Panjaitan . Tahun 2008 saat Natal gereja ini juga sudah diserang . Pada perayaan Natal (hari Natal tanggal 25 Desember 2009) gereja diserang massa saat ada kebaktian Natal . Kini bangunan gereja sementara sudah disegel oleh pihak Bupati Bekasi yang berasal dari PKS maka gereja terpaksa menjalankan ibadah Minggu pkl 9 pagi dijalan didepan gereja . Dengan bantuan pengacara pihak gereja telah mengajukan perkara ke PTUN di Bandung dan terakhir pihak gereja telah memenangkan perkara tersebut . Namun Bupati Bekasi dari PKS tetap naik banding . Pada hari Sabtu, tanggal 25 September 2010 gereja telah dikunjungi seorang pendeta yang adalah pejabat tinggi dari Gereja Protestan Jerman dari Hannover.

 

7.    Gereja HKBP Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan . Sekitar bulan Juli 2009 saya mendengar diradio Elshinta bahwa gereja ini diserang massa. Setelah mendapat kontak dengan Praeses Munthe, pimpinan gereja tersebut saya mendapat keterangan bahwa pihak FKUB setempat telah berkeras agar pihak Pemda menolak permohonan IMB gereja . Kini pihak gereja sedang berusaha untuk mendapat IMB untuk gereja.

 

8.    Gereja kr****n Baptis Jakarta (GKBJ) Pos Sepatan, Tangerang, Banten dengan Pdt. Bedali Hulu . Gereja ini sudah bertahun-tahun diganggu oleh Pemda dan warga disekitar . Sebelum Natal kemarin pihak gereja sering diserang oleh pemuda-pemuda fanatik disekitar gereja . Untung pada hari Natal pihak gereja dapat bebas merayakan hari Natal dengan kebaktian bersama . Tapi setelah itu gereja menjadi bulan-bulanan lagi. Baru-baru ini Pdt. Bedali Hulu malah mendapat ancaman atas nyawanya . Kami telah meminta bantuan polisi dalam hal ini.

 

9.    Website Christian Post  www.christianpost.co.id melaporkan bahwa baru-baru ini ada sebuah gereja dibakar massa di Desa Tlogero, Kecamatan Banjarsari, Temanggung, Jawa Tengah. Nama gereja tidak dilaporkan dalam berita tersebut . Hanya saja baru-baru ini telah diselenggarakan acara KKR oleh Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) disebuah lapangan bola di Temanggung . KKR telah berlangsung dengan meriah selama dua hari dan dihadiri ribuan orang . KKR juga telah dilaporkan majalah internasional TIME edisi 26 April 2010, halaman 36 – 40.

 

10.  Dalam bulan Ramadhan 2009, Gereja kr****n Jawa (GKJ) telah mengadakan aksi sosial dengan menyediakan makanan untuk buka puasa bagi warga miskin di Solo, Jawa Tengah . Acara tersebut sempat dihentikan oleh pihak keamanan (polisi ?) tetapi berkat bantuan pengamanan dari Banser-NU maka kegiatan tersebut dilanjutkan selama bulan puasa 2009 itu.

 

11.  Gereja HKBP di Jalan Bogor, Jakarta Timur dengan Pdt. Abidan Simanungkalit  mendapat telpon dengan ancaman bom hari Minggu tanggal 4 Oktober 2009 yang lalu. Polisi menyisir lokasi gereja dan mendapatkan sebuah paket hitam ditempat sampah gereja . Dalam paket tersebut ditemukan 4 bateri, jam dinding kecil-kecil dan kaleng . Menurut kesimpulan   polisi pihak peneror tidak mengerti bagaimana membuat bom. (Informasi dari www.christianpost.co.id).

 

12.  Juga Gereja Bethel Indonesia (GBI) di Bekasi Utara menerima telpon dengan ancaman bom pada tanggal 3 Oktober 2009. Yang menerima telpon dengan ancaman ialah Bapak Jeffry Lalamentik yang melaporkan kepada Pdt. Daniel Susanto yang langsung menghubungi polisi . Setelah disisir polisi tidak ditemukan bom . Namun pihak gereja menganggap bahwa ancaman itu serius karena dalam bulan Juli 2009 gereja diancam oleh FPI, Iqra Echo dan Forum Komunikasi dan Silaturahmi Mesjid-Musholah (FKSMM) . Kini gereja mengadakan ibadah Minggu dirumah Pendeta karena gereja sendiri sedang membangun gereja yang permanen . (sumber informasi www.chrsitianpost.co.id  sama dengan nomor 11 diatas).

 

13.  Gereja kr****n Pasundan Ciranjang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diganggu warga (informasi dari Pdt. Simon Timorason FKK Jawa Barat tanggal 24 Januari 2010).

 

14.  Gereja kr****n Indonesia  Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diganggu warga disekitar (informasi dari Pdt. Siomon Timorason, FKK Jawa Barat tanggal 24 Januari 2010).

 

15.  Gereja HKBP Pondok Timur Indah, Jalan Puyuh Raya No. 14, Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, Bekasi Timur,Kota Bekasi. Pimpinan gereja ialah  Ibu Pdt. Luspida Simanjuntak . Semula gereja ini mengadakan kebaktian pada hari Minggu pagi 2 kali yaitu pada jam 5 dan jam 9 pagi. Sejak bulan Januari 2010 gereja ini diganggu oleh warga disekitar . Ketegangan antara warga disekitar dengan gereja terus meningkat dan dalam bulan Juli 2010 pihak Pemkot Bekasi menyegel rumah yang dipakai gereja untuk ibadah hari Minggu . Maka sejak itu kebaktian hari Minggu dialihkan kesebuah lahan kosong milik gereja sendiri di Desa Ciketing yang luasnya lebih dari 2000 m2 . Dilahan kosong ini juga pihak gereja selalu mendapat gangguan dari warga disekitar dan terjadi serangan atas gereja di saat-saat menjelang bulan puasa umat Islam yang lalu . Pada hari Minggu pagi tanggal 12 September 2010 dan masih dalam suasana pesta Lebaran para jemaat gereja telah diserang oleh orang-orang yang mengendarai sepeda motor . Dalam serangan itu seorang pengurus gereja Sintua Sihombing ditikam oleh para penyerang didadanya dan melukahi  hatinya sebesar 3 cm . Juga Ibu Pdt. Luspida Simanjuntak dipukul para penyerang dengan sebatang balok dikepala dan punggungnya . Serangan biadab ini telah memicu reaksi keras dari mana-mana . Presiden SBY segera menginstruksikan Menko Polhukam dan jajarannya untuk mengusut tuntas kasus ini . Sudah ada 10 orang ditahan polisi dalam kasus ini termasuk Ketua DPW FPI Bekasi . Juga dari dunia internasional ada reaksi keras terhadap kasus serangan atas gereja tersebut . Dalam pertemuan antara Menlu RI Marti Natalegawa dan Menlu AS Hilary Clinton di Washington DC bulan September ini pihak AS juga menyampaikan keprihatinan mereka atas kasus penikaman warga gereja HKBP di Bekasi tersebut . Setelah terjadi beberapa kali perundingan antara pihak Pemkot Bekasi dan gereja sudah dicapai kesepakatan  sebagai berikut : untuk sementara pihak gereja mengadakan kebaktian hari Minggu pagi digedung OPP Jalan Chairil Anwar Bekasi dan pihak Pemkot Bekasi menyediakan lahan baru untuk pembangunan gereja . Pada hari Minggu tanggal 26 September yang lalu untuk pertama kali kebaktian pagi diadakan di gedung OPP Jalan Chairil Anwar, Bekasi dengan penjagaan aparat keamanan . Semoga semua pihak mentaati kesepakatan ini dan suasana di Bekasi Timur dapat aman dan tenteram lagi. Gereja ini juga telah dikunjungi seorang pejabat tinggi Gereja Protestan Jerman dari Hannover pada hari Sabtu tanggal 25 September 2010 yang lalu.

 

16.  Gereja HKBP Sibuhuan di Kabupaten Padang Lawas propinsi Sumatera Utara. Kabupaten ini adalah pemekaran dari Kabupaten Tapanuli

Selatan . Gereja tersebut dibakar pada hari Jumat tanggal 22 Januari  2010 oleh massa yang pulang dari Sholat Jumat. Pdt. Gomar Gultom (Sekum PGI) telah mengunjungi lokasi kejadian dan melaporkan bahwa pihak Pemda setempat mau memfasilitasi tempat ibadah sementara bagi gereja tapi pihak MUI  setempat masih berkeberatan. Memang sudah lama gereja diancam atau diganggu sehingga gereja ini tidak dapat merayakan hari Natal 2009 yang lalu.

 

17.  Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) dilokasi yang sama dengan nomor 16 juga dibakar pada hari yang sama . Juga massa membakar rumah Pendeta tapi tidak jelas apakah dari gereja nomor 16 atau nomor 17). Kami telah memberitahukan tentang pembakaran ke-2 gereja tersebut  kepada pers dan  koran berbahasa Inggris The Jakarta Post menghubungi para Pendeta disana dan menurunkan berita tentang pembakaran kedua gereja pada hari Senin tanggal 25 Januari pagi dan langsung dibaca oleh para anggota delegasi dari Amerika Serikat yang mengikuti dialog agama Indonesia-AS di Hotel Borobudur Jakarta . Juga hari Selasa tanggal 26 Januari koran yang sama menurunkan editorial tentang pembakaran gereja . Jadi hal tersebut menjadi bahan perbicangan selama seminar dialog agama tersebut.

 

18.  Gereja City Blessing di Karawaci, Tangerang mungkin juga mendapat kesulitan dari warga disekitar gereja. Namun pihak Pdt gereja tersebut agak ragu-ragu untuk berbicara dengan kami karena tidak kenal dan mungkin beliau sedang ketakutan . Kejadiannya awal Januari 2010 yang lalu.

Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.281
  • Reputasi: 46
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #1 on: 21 October 2010, 01:25:58 PM »
19.  Gereja GAPEMBRI di Tambora, Jakarta Barat dipersulit izin nya karena didemo pihak FPI dalam bulan November 2009.

 

20.  Gereja kr****n Sumatera Bagian Selatan (GKSBS) di Lampung dilempari batu oleh orang-orang tak dikenal tanggal 5 Januari 2010.

 

21.  Gereja Bethel Indonesia (GBI) "Kairos" di Duren Sawit, Jakarta Timur diserang massa sekitar 200 orang pada hari Minggu, tanggal 14 Februari 2010.

 

22.  Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) "Galilea" di Taman Galaxi, Kota Bekasi, diserang massa berbagai ormas Islam pada hari Senin, tanggal 15 Februari 2010.

 

23.  Kapela ka****k Stasi Caper di Cirebon, Jawa Barat diancam untuk ditutup oleh sebuah ormas radikal yang bernama GARIS singkatan dari Gerakan Reformasi Islam tanggal 18 Februari 2010.

 

24.  Gereja HKBP Simpang Murai, Ressort Immanuel Dumai dibongkar paksa oleh Lurah dan Satpol PP tanggal 18 Maret 2009.

 

25.  Gereja kr****n Indonesia (GKI) Taman Yasmin, Bogor diserang massa Islam tanggal 18 Maret 2010 dan pembangunan gereja dihentikan oleh Pemkot Bogor, yang mencabut kembali IMB gereja . Pemkot juga menyegel gereja sehingga jemaat mengadakan kebaktian hari Minggu pagi pukul 8 ditrotoar jalan didepan bangunan gereja . Baru-baru ini Pemkot telah membuka gembok gereja namun dalam sehari saja Pemkot menyegel kembali gereja tersebut.

 

26.  Gereja HKBP Karawang yang pembangunannya diprotes warga sekitar pada tanggal 24 Januari 2010 dan disegel pihak polisi. Untung Bapak Bupati Karawang dari Partai Golkar turun tangan dengan mengadakan dialog antara pihak gereja dan warga yang protes dan akhirnya tanggal 3 Maret 2010 segel dibuka lagi dan gereja boleh mengadakan kebaktian ditempat semula sampai pembangunan gereja baru dilahan yang disediakan Pemda siap . Diperkirakan akhir tahun 2010 ini gereja baru siap.

 

27.  Gereja ka****k Stasi Santa Maria Immakulata di Kalideres,Jakarta Barat yang sedang dibangun terpaksa menghentikan pembangunan karena jalan masuk kelokasi gereja ditutup oleh warga yang tak senang dengan kehadiran gereja pada tanggal 12 Maret 2010 . Kini pembangunan gereja belum dimulai kembali . IMB gereja sudah lengkap semuanya

 

28.  Wisma Badan Pendidikan kr****n (BPK) Penabur di Kampung Kongsi, Cibereum, Cisarua, Bogor dibakar oleh massa yang menamakan diri Komunitas Muslim Jalur Puncak tanggal 27 April 2010 malam pukul 19.00 WIB . 2 mobil dan 7 rumah para pekerja bangunan ikut dibakar massa.

 

29.  Sekolah ka****k Santo Bellarminus, Jatibening, Bekasi, Jawa Barat diserang massa pada hari Rabu tanggal 7 Mai 2010 malam . Banyak kaca jendela pecah oleh serangan tersebut. Pihak polisi berhasil mencegah serangan kedua pada malam berikutnya.

 

30.  Gereja kr****n Jawa (GKJ) di Sukoharjo, Kendal, Jawa Tengah dibakar massa pada malam sebelum hari Paskah, Minggu tanggal 4 April 2010 . Namun atas bantuan warga disekitar maka api dapat segera dipadamkan . Hanya sebagian kecil depan gereja yang terbakar . Setelah itu gereja dapat dipakai lagi untuk kebaktian seperti biasa.

 

31.  Gua Santa Maria Bukit Kanada di Desa Jati Mulya, Kecamatan Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten  di Keuskupan Bogor. Tempat ziarah umat ka****k ini terletak diatas sebidang tanah seluas 9 hektar . Atas desakan warga disekitar maka sejak tahun 1990 pihak Bupati menutup tempat  ziarah tersebut . Bulan April 2010 lalu ada Tim Gua Santa Maria Kanada sudah menghadap Bupati Lebak dan meminta agar Bupati mengeluarkan lagi sebuah SK baru yang mengizinkan umat ka****k untuk berziarah ketempat tersebut .  Pihak Bupati menjanjikan untuk membantu.

 

32.  Gereja Pantekosta, Jalan Raya Naragong - Bekasi, Desa Limus Nunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor dibongkar paksa oleh Satpol PP atas perintah Bupati Bogor dari partai PKS pada hari Senin, tanggal 19 Juli 2010.

 

33.  Gereja HKBP Binanga, Ressort Sipirok, Desa Siboris, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas,Propinsi Sumatera Utara telah menanda-tangani surat pernyataan tidak akan menggunakan rumah ibadah itu sebelum mendapat surat izin resmi .  Hal ini dibuat gereja karena dipaksa oleh Muspika, MUI dan kepolisian setempat  . Hal ini terjadi pada hari Jumat tanggal 30 Juli 2010 yang lalu.

 

34.  Gereja HKBP di Desa Gajah Sakti, Kecamatan Bandar Pulau, Asahan, Sumatera Utara . Gedung gereja dirusak oleh orang-orang tak dikenal pada hari Jumat, tanggal20 Agustus 2010 malam. Para pelaku dicurigai berasal dari Dusun Au Napitu, desa Gajah Sakti, Bandar Pulo, Asahan yang kena hasutan oleh provokator . Bupati Asahan, Drs. H. Taufan Gama Simatupang, MAP telah meminta maaf atas kejadian tersebut.

 

35.  Wisma Semadi Klender, Jalan Dermaga 6, Rt 03, Rw 07,Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Wisma milik Keuskupan Agung Jakarta ini telah ada sejak tahun 1960-an dan tiap hari Minggu biasa diadakan missa atau kebaktian untuk umat ka****k disekitarnya . Namun baru-baru ini Ketua RT setempat mendatangi pastor dan menyampaikan keberatan atas diadakan kebaktian hari Minggu di Wisma itu . Pihak Ketua RT mengatakan bahwa  ada beberapa ormas Islam ikut berkeberatan atas kebaktian hari Minggu . Setelah hal itu dilaporkan kepada polisi maka diadakan "koordinasi" dengan berbagai pihak lalu semuanya  juga beres lagi.

 

36.  Gereja ka****k Alleluya, Tanah Grogot, Jalan Pangeran Hidayat nomor 50, Tanah Grogot, Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur,Keuskupan Agung Samarinda telah dilempari dengan batu oleh orang-orang tak dikenal pada hari Sabtu malam, tanggal 11 September 2010 . Banyak kaca jendela pecah dan pihak polisi sedang mengusut kejadian tersebut.

 

37. Pembangunan rumah pastor gereja ka****k di Cicurug, Sukabumi diprotes warga . Pembangunan rumah pastor di area gereja ka****k Hati Maria Tak Bernoda di Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diprotes oleh para ulama dan tokoh warga setempat  karena warga takut rumah pastor akan dijadikan perluasan tempat ibadah . Menghadapi hal tersebut sudah diadakan musyawarah antara pimpinan Kecamatan dengan dibantu oleh MUI setempat dengan pihak pastoran . Pastor Redemptus Pramudhianto harus menanda-tangani surat pernyataan dan menegaskan bahwa rumah pastor hanya akan dijadikan tempat tinggal pastor dan lahan parkir bagi jemaat gereja . Gereja Hati Maria Tak Bernoda sendiri telah berdiri dilokasi tersebut sejak diresmikan oleh Mgr. de Jorge d' Ardoye (Duta Besar Vatikan) pada tanggal 17 Maret 1951 dengan alamat Jalan Siliwangi No. 53, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat di Keuskupan Bogor (info dari Tabloid rohani ka****k "Bulir Mekar", nomor 87, Tahun VIII, Oktober 2010, halaman 9) .

 

38. Kapel Santo Yusup Pare, Paroki ka****k Delanggu, Jawa Tengah dicoba dibakar orang tak dikenal pada tanggal 12 Oktober 2010 malam . Bagian bawah pintu depan dan pintu belakang sedikit terbakar . Di kapel didapati minyak tanah dan ban bekas yang dibakar . Romo Robertus Saptoko, Pr. yang menjadi pastor paroki Delanggu, Keuskupan Agung Semarang, Jawa Tengah  dapat memberi informasi lebih lanjut tentang kejadian ini .

Perlu dicatat bahwa kapel Santo Yusup tersebut terletak agak jauh dari pemukiman penduduk .

 

39. Gereja kr****n Jawa (GKJ) Gembyog di Desa Ngemplak, Kartasura, Sukoharjo, dekat Solo, Jawa Tengah  Rabu tanggal 13 Oktober 2010 dinihari diduga hendak dibakar oleh sekelompok orang tak dikenal . Ada 12 orang menaiki 6 sepeda motor mengenakan helm tertutup dan baju hitam berhenti dekat gereja dan mau membakarnya . Warga sekitar gereja cepat tanggap dan memadamkan api sehingga hanya jendela gereja yang terbakar . Pendeta Setyo Budi Utomo dari gereja tersebut telah melaporkan kejadian ini kepada Kapolsek Kartasura .

 

Tadi malam (Minggu tanggal 17 Oktober 2010 dimalam hari) saya menerima SMS dengan berita mengagetkan sebagai berikut : Minggu kemarin (tanggal 10 Oktober 2010) pintu depan Gereja kr****n Jawa (GKJ) Trucuk Klt dibakar (apa Klt itu singkatan dari Klaten ?) . Selasa malam (tanggal 12 Oktober 2010) jendela GKJ Gebyog dibakar (lihat nomor 39 diatas) . Juga Selasa malam (tanggal 12 Oktober 2010) pintu depan Gereja ka****k Manang Wonosari Delanggu dibakar . (Apa gereja ini sama dengan nomor 38 diatas masih  kami selidiki) . Tadi malam (Sabtu tanggal 18 Oktober malam) Gereja kr****n Indonesia (GKI) Tegal terbakar parah .

Tadi malam (Sabtu tanggal 16 Oktober malam) gereja-gereja di Wonogiri dijaga polisi, juga ada himbauan dari Polresta kepada BAGKS untuk jaga gereja. Gereja ka****k dan GKJ (Gereja kr****n Jawa) Palur dijaga polisi . Demikian bunyi SMS yang saya terima tadi malam (Minggu, tanggal 17 Oktober 2010 malam hari)

 
Menurut catatan kami ada sebuah gereja yaitu GKJ (Gereja kr****n Jawa) di Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah mau dibakar massa pada malam Paskah tanggal 4 April 2010 yang lalu tapi karena warga disekitar gereja cepat membantu sehingga api masih bisa dipadamkan . Hanya bagian depan gereja yang sedikit terbakar . Setelah kejadian itu gereja sudah dapat dipakai lagi sebagai biasa untuk kebaktian para jemaat gereja . (Lihat daftar kami nomor 30 diatas)

Dalam daftar diatas belum termasuk 3 (tiga) buah gereja di Tembilahan, Riau yang diancam

oleh Pemda setempat untuk ditutup. Informasi kami terima tanggal 20 Juni 2010 dari seorang Pendeta hamba Tuhan.

 
Juga dalam daftar tersebut diatas belum termasuk 10 buah gereja kr****n di Mojokerto, Jawa Timur yang terancam untuk ditutup oleh Penda setempat. Informasi kami peroleh dari pimpinan PGI tanggal 7 Mei 2010.

 
Juga di daerah Bandung dan sekitarnya ada 9 buah gereja yang nasibnya belum jelas . Sembilan gereja tersebut belum kami masukkan dalam daftar diatas. Informasi tentang gereja-gereja di Bandung kami peroleh dari Pdt. Simon Timorason dari FKKI Jawa Barat pada tanggal 29 Maret 2010.
 

Sebagai rekapitulasi atas jumlah gereja yang diganggu atau dibakar dinegeri kita sejak hari Proklamasi tahun 1945 hingga saat ini dapat kami kemukakan sebagai berikut. Selama masa pemerintahan Presiden Indonesia yang pertama Soekarno dari tahun 1945 hingga 1967 hanya ada 2 (dua) buah gereja yang dibakar dinegeri kita. Itupun terjadi didaerah-daerah yang dikuasai oleh para pemberontak yakni Darul Islam dan Tentera Islam Indonesia  (DI/TII) .

Saat Presiden kedua yaitu Soeharto mengambil alih kekuasaan tahun 1967 hingga tahun 1969 jumlah gereja yang diganggu atau dirusak hanya sekitar 10 buah .

Namun setelah dikeluarkannya SKB Dua Menteri (Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama) tahun 1969 maka angka jumlah gereja yang diganggu atau dibakar meningkat tajam dan mencapai jumlah keseluruhan 460 buah saat Soeharto lengser tahun 1998 .

 

Sejak mulai zaman reformasi tahun 1998 hingga saat ini ada sekitar 700 buah gereja lebih yang dirusak, dibakar, dicabut izin, dilarang beribadah pada hari Minggu dsb. Pemerintah telah berusaha untuk memperbaiki situasi dengan memperbaiki SKB Dua Menteri tahun 1969 dan menggantinya dengan Peraturan Bersama Dua Menteri (Perber Dua Menteri) tahun 2006 namun hasilnya tidak terlihat apa-apa .

Jadi ada benarnya kalau ada pihak yang mengatakan bahwa baik SKB Dua Menteri tahun 1969 dan Perber Dua Menteri tahun 2006 adalah biang kerok dari semua kejadian yang menyedihkan ini yaitu gangguan atas gereja-gereja dinegeri ini .

 
Jadi cukup beralasan kalau ada pihak yang menuntut agar Perber Dua Menteri tahun 2006 dicabut saja atau paling tidak direvisi lagi.
 

Kini jumlah gereja yang diganggu atau dirusak atau dibakar dinegeri ini sejak hari Proklamasi sampai saat ini sudah mencapai 1.200 buah (seribu dua ratus buah gereja). Jadi tak salah kalau ada pakar dinegeri ini yang mengatakan bahwa negeri kita merupakan juara satu dalam hal membakar gereja .

 
Saat ini gangguan terhadap gereja masih saja terjadi dinegeri kita namun kejadiannya sudah bersifat sporadis saja. Ini bisa dilihat dalam daftar diatas tadi. Penyerangan atas gereja secara besar-besaran seperti yang terjadi di Surabaya, Situbondo, Tasikmalaya, Rengas Dengklok tahun 1996 dan 1997 tidak lagi terjadi pada saat sekarang ini . Waktu itu pada satu hari Minggu ada 10 (sepuluh) atau bahkan 20 (dua puluh) gereja dibakar oleh massa bringas sekali gus . Ada seorang Pendeta beserta anggota keluarganya dibakar hidup-hidup dalam gerejanya di Situbondo tahun 1996 . Juga waktu itu ada penjarahan dan perusakan rumah-rumah warga kr****n dikota-kota yang terkena amukan massa.

Kejadian yang mengerikan itu saat ini  tidak lagi terjadi dan menurut catatan kami angka gangguan atas gereja sebenarnya menurun pada tahun-tahun terakhir ini .

Untuk tahun 2007 kami mencatat ada 100 kasus gereja-gereja yang diganggu dan tahun 2008 angka tersebut turun menajdi 40 kasus dan tahun 2009 hingga bulan Oktober angka-nya hanya terpaut sekitar 7 atau 8 kasus .

Namun sejak bulan Desember 2009 dengan diserangnya gereja Santo Albertus di Bekasi maka kasus gangguan atas gereja-gereja mulai meningkat lagi.

Kejadian ini juga merupakan teka-teki bagi kami sendiri dalam mempelajari sebab musabab mengapa gangguan terhadap gereja-gereja mulai marak lagi.

Kita berdoa saja semoga angka gangguan atas gereja-gereja dapat ditekan lagi sehingga kerukunan beragama dinegeri kita dapat pulih seperti semula. Dengan pulihnya kerukunan beragama dinegeri ini maka kehidupan perekonomian bangsa kita akan maju pesat dan bangsa kita akan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain disekitar kita.

 
Semoga demikian karena itulah doa kita semua, Amin.
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.281
  • Reputasi: 46
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #2 on: 21 October 2010, 01:50:45 PM »
Bukankah umat Buddha harus berpikir??? Setelah umat Kr1sten dan Katol1k dibabat, bukankah tidak tertutup kemungkinan akan ada gelombang selanjutnya? Mengingat di Jawa Tengah, bahkan kesenian rakyat seperti wayang yang berbau Hindu juga mulai ditentang?   
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.332
  • Reputasi: 414
  • Gender: Male
  • not self
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #3 on: 21 October 2010, 01:53:30 PM »
Semoga saja tidak terjadi
There is no place like 127.0.0.1

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.281
  • Reputasi: 46
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #4 on: 21 October 2010, 01:56:49 PM »
Semoga saja tidak terjadi

Betul semoga saja tidak terjadi...  Alangkah baiknya kita juga mengantisipasi kalau-kalau terjadi. Sedia payung sebelum hujan. Kaum minoritas di Indonesia perlu bersatu untuk menghadapi ancaman fundamentalisme
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #5 on: 22 October 2010, 12:48:31 AM »
Gus Dur sudah ga ada.  Ga ada tokoh Islam yang berwajah pluralis sebesar beliau lagi. Yang lain ngga berani ngomong, ngga berani nentang, kalo nentang ntar dituduh musyirik juga. :|
appamadena sampadetha

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 127
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #6 on: 22 October 2010, 01:53:57 AM »
Semoga saja tidak terjadi

Betul semoga saja tidak terjadi...  Alangkah baiknya kita juga mengantisipasi kalau-kalau terjadi. Sedia payung sebelum hujan. Kaum minoritas di Indonesia perlu bersatu untuk menghadapi ancaman fundamentalisme
akakakaka.. antepin ajah.. ntar juga ....-sensor-
Samma Vayama

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #7 on: 22 October 2010, 08:57:58 AM »
disitu sumbernya hanya menjelaskan gereja ini itu dihambat dll, dan terkesan menyalahkan orang lain.

biar berita berimbang sebaiknya dijelaskan juga apa sebab2 nya. karena tentu saja pasti ada sebab2 tertentu. contohnya yg berita yg nomor 1 itu sampai ke pengadilan, tentunya ada alasan2 yg konkrit donk.

tapi jika memang semua itu karena diskriminasi, tentunya sebaiknya berita ini disebarluaskan saja, biar menjadi pembicaraan yang perlu diperhatikan semua pihak.

btw, sumbernya dari milis itu gak ada sumber utamanya yah?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.281
  • Reputasi: 46
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #8 on: 22 October 2010, 11:06:02 AM »
disitu sumbernya hanya menjelaskan gereja ini itu dihambat dll, dan terkesan menyalahkan orang lain.

biar berita berimbang sebaiknya dijelaskan juga apa sebab2 nya. karena tentu saja pasti ada sebab2 tertentu. contohnya yg berita yg nomor 1 itu sampai ke pengadilan, tentunya ada alasan2 yg konkrit donk.

Bro hatRed yang kritis,
memang sebagian dari datanya tidak terlalu jelas perkaranya, namun sebagian saya rasa cukup jelas misalnya jelas di sana digambarkan tentang pembakaran, pencabutan IMB, pelemparan batu, dsb. Tentu saja sebagian dari kita berpikir bahwa gereja-gereja tersebut mungkin melakukan kesalahan sehingga diserang oleh warga. Cara berpikir demikian tidak keliru, namun melupakan satu hal: kekerasan dengan alasan apapun bukan cara yang tepat untuk mengekspresikan ketidaksetujuan. Dalam hal ini, meskipun data di atas hanya berbicara tentang gereja, kita tahu bahwa sebenarnya korbannya bukan hanya gereja, tapi juga berbagai golongan minoritas lainnya. 

Mari kita membuang sentimen antar agama yang kita miliki, dan kita akan menilai dengan jujur ancaman terhadap pluralisme yang sedang kita hadapi sekarang ini.

Untuk sumber data lain yang lebih netral mengenai penyerangan ke gereja-gereja selama tahun 2010 (hanya sampai bulan Juli), silahkan akses e-book melalui link ini: http://www.setara-institute.org/sites/setara-institute.org/files/laporan/100727-ibadah-report.pdf

Untuk gambaran umum tentang suasana kebebasan berkeyakinan di Indonesia dari tahun 2007-2009, baca di:
http://www.setara-institute.org/sites/setara-institute.org/files/laporan/2007-2009_beragama-id.pdf
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.281
  • Reputasi: 46
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #9 on: 22 October 2010, 11:07:51 AM »
Gus Dur sudah ga ada.  Ga ada tokoh Islam yang berwajah pluralis sebesar beliau lagi. Yang lain ngga berani ngomong, ngga berani nentang, kalo nentang ntar dituduh musyirik juga. :|

Tuduhan musyirik hanya untuk sesama muslim. Kita yang bukan muslim, sudah jelas adalah kafir di mata para fundamentalis. Nentang atau tidak, tetap saja dianggap duri dalam daging mereka :)
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Melia Yansil, Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.511
  • Reputasi: 142
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #10 on: 22 October 2010, 01:41:22 PM »
Numpang OOT. Postingan ini tidak ditujukan untuk individu/golongan tertentu, hanya pendapat saja.

Saat ini terlihat bahwa manusia-manusia bertentangan dalam hal agama. Tapi lucu juga, ketika Malaysia “mencuri” budaya Indonesia, sebagian masyakarat Indonesia membenci Malaysia. Sebagian masyarakat Indonesia (yang bahu-membahu membenci malaysia) ini adalah kumpulan dari manusia-manusia yang berbeda agama. Lalu ketika diliat masalah lain yang lebih global, bisa saja Indonesia dan Malaysia yang notabene adalah Asia, bahu membahu membenci negara-negara Eropa, dst.

Intinya, ketika kita merasa se-agama, se-nasib, se-bangsa, se-negara, kita langsung merasa seolah bersaudara, sekalipun tidak kenal satu sama lain. Dan variable ini sungguh mudah berubah  seiring berubahnya “musuh” yang kita benci. Yang tadinya musuh bisa jadi teman karena memusuhi musuh yang lain. Lalu ditambah dengan sedikit bumbu yang bernama Provokasi, terjadilah perselisihan, kerusuhan, peperangan, balas-membalas.

Oke, BTT.

Offline Predator

  • Sebelumnya: Radi_muliawan
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 554
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
  • My mask equipped with SIRI
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #11 on: 22 October 2010, 01:55:00 PM »
ada pola yg di sebut "Musuh dari musuhku adalah temanku"

Numpang OOT. Postingan ini tidak ditujukan untuk individu/golongan tertentu, hanya pendapat saja.

Saat ini terlihat bahwa manusia-manusia bertentangan dalam hal agama. Tapi lucu juga, ketika Malaysia “mencuri” budaya Indonesia, sebagian masyakarat Indonesia membenci Malaysia. Sebagian masyarakat Indonesia (yang bahu-membahu membenci malaysia) ini adalah kumpulan dari manusia-manusia yang berbeda agama. Lalu ketika diliat masalah lain yang lebih global, bisa saja Indonesia dan Malaysia yang notabene adalah Asia, bahu membahu membenci negara-negara Eropa, dst.

Intinya, ketika kita merasa se-agama, se-nasib, se-bangsa, se-negara, kita langsung merasa seolah bersaudara, sekalipun tidak kenal satu sama lain. Dan variable ini sungguh mudah berubah  seiring berubahnya “musuh” yang kita benci. Yang tadinya musuh bisa jadi teman karena memusuhi musuh yang lain. Lalu ditambah dengan sedikit bumbu yang bernama Provokasi, terjadilah perselisihan, kerusuhan, peperangan, balas-membalas.

Oke, BTT.
susah dan senang, sakit dan sehat selalu silih berganti

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #12 on: 22 October 2010, 02:00:19 PM »
ah.. selagi bukan umat kita yang di ganggu mah, santai aja laa...

Offline Predator

  • Sebelumnya: Radi_muliawan
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 554
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
  • My mask equipped with SIRI
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #13 on: 22 October 2010, 02:01:22 PM »
Sepertinya jika tidak memiliki suara di ring atas (pemerintahan/orang yg dipandang) maka mungkin ketika fundamentalis memasuki area-area yg dapat menghasilkan aturan atau perundang-undangan maka tidak menutup kemungkinan agama yg lain dapat dengan mudah ditekan dan membendung perkembangan sebuah agama yg dianggapnya duri

Gus Dur sudah ga ada.  Ga ada tokoh Islam yang berwajah pluralis sebesar beliau lagi. Yang lain ngga berani ngomong, ngga berani nentang, kalo nentang ntar dituduh musyirik juga. :|

Tuduhan musyirik hanya untuk sesama muslim. Kita yang bukan muslim, sudah jelas adalah kafir di mata para fundamentalis. Nentang atau tidak, tetap saja dianggap duri dalam daging mereka :)
susah dan senang, sakit dan sehat selalu silih berganti

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.281
  • Reputasi: 46
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Daftar terbaru gereja-gereja yang diganggu atau dibakar pada tahun 2010
« Reply #14 on: 22 October 2010, 04:45:04 PM »

Intinya, ketika kita merasa se-agama, se-nasib, se-bangsa, se-negara, kita langsung merasa seolah bersaudara, sekalipun tidak kenal satu sama lain. Dan variable ini sungguh mudah berubah  seiring berubahnya “musuh” yang kita benci. Yang tadinya musuh bisa jadi teman karena memusuhi musuh yang lain. Lalu ditambah dengan sedikit bumbu yang bernama Provokasi, terjadilah perselisihan, kerusuhan, peperangan, balas-membalas.

Oke, BTT.

Dalam kasus ini, kita tidak seharusnya membenci fundamentalis. Saya melihat mereka hanyalah orang yang merasa benar diri sendiri, yang ditambah dengan kekuasaan yang dimilikinya, sehingga dengan demikian akhirnya menekan kelompok lain. Saya merasa bibit merasa selalu benar pada dirinya sendiri itu pun sebenarnya ada di berbagai kelompok lainnya, entah itu kr****n, Katholik, Buddha, Hindu, Islam kultural ataupun minoritas lainnya yang kini menjadi korban. Dalam menghadapi fundamentalisme kita benar-benar harus yakin dulu bahwa kita melakukannya bukan karena semata-mata untuk menyatakan keunggalan pandangan atau paham kita, melainkan sebaiknya berangkat dari kesadaran bahwa tidak ada satupun ideologi, dogma, ajaran ataupun paham yang paling benar mengatasi semuanya dan kebal dari kesalahan. Termasuk untuk diri kita sendiri. Baru setelah itu kita bisa mulai memperjuangkan perdamaian...  Ketika itu kita bisa bekerjasama dengan orang dari beragam latar belakang keyakinan dengan tanpa ada pergesekan.

Saya tidak melihat hal demikian sebagai persekutuan praktis antar-kelompok yang kalah, melainkan kesempatan untuk menciptakan persaudaraan sejati antar-umat manusia tanpa ada perbedaan dan diskriminasi. 
« Last Edit: 22 October 2010, 04:51:55 PM by sobat-dharma »
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek