topic short url: http://dhct.ws/f17352

Author Topic: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?  (Read 4017 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Deva19

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 821
  • Reputasi: 1
Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« on: 22 July 2010, 05:35:26 PM »
siapakah pembunuh yang mampu mencapai kesucian sotapanna?

Jawab : Seorang algojo yang terbebas dari rasa bersalah atas pembunuhan yang selalu dilakukan selama hidupnya .

Apakah pembunuhan yang dilakukan bukan atas kehendak diri sendiri merupakan suatu pelanggaran?

Mungkin jawabannya dapat ditemukan dalam kisah berikut :

Pada masa kehidupan Budha, ada sebuah cerita tentang seorang algojo yang bertugas melakukan hukuman mati. Selama hidupnya, dia melayani raja sebagai seorang algojo. sampai menjelang tua dia mengundurkan diri karena sudah tidak kuat lagi melakukan tugasnya.

Bikhu Sariputa bertemu dengan algojo itu ketika ia menjelang ajal. Bikhu Sariputa membabarkan Dhamma untuknya, tetapi dia tidak dapat berkonsentrasi  pada Dhamma yang dibabarkan, karena terlalu banyak hal yang bertentangan dengan apa yang telah dilakukan oleh algojo tersebut.

Mengetahui hal itu, Bikhu Sariputa bertanya, "Apakah Anda melakukan eksekusi berdasarkan keinginan Anda atau atas perintah Raja?"

Algojo itu menjawab, "saya harus melaksanakan perintah raja. Saya tidak membunuh atas kehendak saya sendiri."

Bikhu Sariputa melanjutkan,"Jika begitu adanya, apakah hal itu dikatakan pelanggaran?" Bikhu Sariputa melanjutkan pembabarannya. Orang tua itu mulai berpikir dan kelihatan ia terbebas dari rasa bersalah dan pikirannya menjadi tenang. Sembari mendengarkan Dhamma yang dibabarkan bikhu Sariputta, dia mencapai tataran Culasotapanna (pemenang arus muda) dan terlahir kembali di alam deva (deva-loka) setelah kematiannya.

Sumber : ABHIDHAMMA SEHARI-HARI, HAL. 74

Offline L1M

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 141
  • Reputasi: 5
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #1 on: 22 July 2010, 05:45:24 PM »
manteb banget ceritanya ^:)^ ^:)^

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #2 on: 22 July 2010, 05:53:12 PM »
pembunuhan yang dilandasi dengan niat (secara teori) akan menghasilkan kamma buruk...makanya sebaiknya dihindari..

tetapi melihat kembali cerita di atas, seorang algojo membunuh bukan secara tidak sengaja..tentunya menghasilkan kamma buruk..nah, spy algojo ini dapt berkonsentarsi thdp pembabaran Dhamma, maka YM. Bikkhu Sariputta dengan kebijaksanaan Nya membuat algojo itu tenang dengan memberikan pertanyaan tsb..
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline Deva19

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 821
  • Reputasi: 1
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #3 on: 22 July 2010, 06:11:14 PM »
pembunuhan yang dilandasi dengan niat (secara teori) akan menghasilkan kamma buruk...makanya sebaiknya dihindari..

tetapi melihat kembali cerita di atas, seorang algojo membunuh bukan secara tidak sengaja..tentunya menghasilkan kamma buruk..nah, spy algojo ini dapt berkonsentarsi thdp pembabaran Dhamma, maka YM. Bikkhu Sariputta dengan kebijaksanaan Nya membuat algojo itu tenang dengan memberikan pertanyaan tsb..

jika pertanyaan sariputta tersebut harus dijawab, maka jawaban yang benar menurut bro NPNG itu gimana?

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 215
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #4 on: 22 July 2010, 06:30:44 PM »
pembunuhan yang dilandasi dengan niat (secara teori) akan menghasilkan kamma buruk...makanya sebaiknya dihindari..

tetapi melihat kembali cerita di atas, seorang algojo membunuh bukan secara tidak sengaja..tentunya menghasilkan kamma buruk..nah, spy algojo ini dapt berkonsentarsi thdp pembabaran Dhamma, maka YM. Bikkhu Sariputta dengan kebijaksanaan Nya membuat algojo itu tenang dengan memberikan pertanyaan tsb..

jika pertanyaan sariputta tersebut harus dijawab, maka jawaban yang benar menurut bro NPNG itu gimana?

Nahh kalau gw jadi algojo,

gw bisa minta cuti sama raja dulu... bilang mau pulang kampung lihat binik yg cantik...

ehhhh raja gak mau....

maka gw siapan rencana utk kabur ke negara lain deh yg suasanya lebih kondusif....(hahahaa)

jadi pilihan masih terbuka lebar....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Deva19

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 821
  • Reputasi: 1
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #5 on: 22 July 2010, 06:34:52 PM »
pembunuhan yang dilandasi dengan niat (secara teori) akan menghasilkan kamma buruk...makanya sebaiknya dihindari..

tetapi melihat kembali cerita di atas, seorang algojo membunuh bukan secara tidak sengaja..tentunya menghasilkan kamma buruk..nah, spy algojo ini dapt berkonsentarsi thdp pembabaran Dhamma, maka YM. Bikkhu Sariputta dengan kebijaksanaan Nya membuat algojo itu tenang dengan memberikan pertanyaan tsb..

jika pertanyaan sariputta tersebut harus dijawab, maka jawaban yang benar menurut bro NPNG itu gimana?

Nahh kalau gw jadi algojo,

gw bisa minta cuti sama raja dulu... bilang mau pulang kampung lihat binik yg cantik...

ehhhh raja gak mau....

maka gw siapan rencana utk kabur ke negara lain deh yg suasanya lebih kondusif....(hahahaa)

jadi pilihan masih terbuka lebar....

lain lagi dengan saya, bro Johan.

kalau hidup di masa itu, saya tidak akan memilih jadi algojo. saya akan memilih jadi raja, atau menjadi murid sang budha saja. kan pilihan itu juga terbuka lebar. betul enggak?

Offline Deva19

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 821
  • Reputasi: 1
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #6 on: 22 July 2010, 06:36:19 PM »
tapi masalahnya, apakah kita sedang mendiskusikan tentang pilihan profesi di zaman sang Budha?

Offline Indra

  • Pensiunan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.392
  • Reputasi: 441
  • Gender: Male
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #7 on: 22 July 2010, 06:49:38 PM »
membunuh kekotoran batin adalah yang paling dianjurkan oleh Buddha

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 215
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #8 on: 22 July 2010, 06:54:05 PM »
pembunuhan yang dilandasi dengan niat (secara teori) akan menghasilkan kamma buruk...makanya sebaiknya dihindari..

tetapi melihat kembali cerita di atas, seorang algojo membunuh bukan secara tidak sengaja..tentunya menghasilkan kamma buruk..nah, spy algojo ini dapt berkonsentarsi thdp pembabaran Dhamma, maka YM. Bikkhu Sariputta dengan kebijaksanaan Nya membuat algojo itu tenang dengan memberikan pertanyaan tsb..

selain niat, juga harus melihat sebab yg pertama......

spt jalan yg rusak dpt membunuh manusia.... itu merupakan sebab yg utama...
walaupun sebagian orang berkata itu bukan niat membunuh...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #9 on: 22 July 2010, 07:29:11 PM »
pembunuhan yang dilandasi dengan niat (secara teori) akan menghasilkan kamma buruk...makanya sebaiknya dihindari..

tetapi melihat kembali cerita di atas, seorang algojo membunuh bukan secara tidak sengaja..tentunya menghasilkan kamma buruk..nah, spy algojo ini dapt berkonsentarsi thdp pembabaran Dhamma, maka YM. Bikkhu Sariputta dengan kebijaksanaan Nya membuat algojo itu tenang dengan memberikan pertanyaan tsb..

jika pertanyaan sariputta tersebut harus dijawab, maka jawaban yang benar menurut bro NPNG itu gimana?

jawaban saya:
walaupun peristiwa pembunuhan itu terjadi karena keinginan diri sendiri ataupun tdk, peristiwa tersebut merupakan suatu bagian dr masa lalu, tidak dapat diubah, dan tidak ada gunanya untuk disesali. Penyesalan yang berkepanjangan hanya akan merugikan perkembangan batin sendiri. Hiduplah pada masa sekarang, bukan pada masa lalu ataupun masa depan..

Dalam kehdpan sehari2, kalimat tersebut biasanya saya ulang2 untuk diri sendiri jg jika saya telah melakukan perbuatan yang mengakibatkan penyesalan di kemudian hari..dan ternyata sukses  ;D

intinya: yang udah berlalu biarlah berlalu, jika dipikirkan terus hanya bikin rugi diri sendiri..ga ada untung2 nya..yang ptg tidak mengulanginya lagi...
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.137
  • Reputasi: 136
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #10 on: 22 July 2010, 07:32:04 PM »
Ask: apakah sama antara culasotapanna dengan sotapanna ??
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 786
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #11 on: 22 July 2010, 07:50:37 PM »
pembunuhan yang dilandasi dengan niat (secara teori) akan menghasilkan kamma buruk...makanya sebaiknya dihindari..

tetapi melihat kembali cerita di atas, seorang algojo membunuh bukan secara tidak sengaja..tentunya menghasilkan kamma buruk..nah, spy algojo ini dapt berkonsentarsi thdp pembabaran Dhamma, maka YM. Bikkhu Sariputta dengan kebijaksanaan Nya membuat algojo itu tenang dengan memberikan pertanyaan tsb..

jika pertanyaan sariputta tersebut harus dijawab, maka jawaban yang benar menurut bro NPNG itu gimana?

jawaban saya:
walaupun peristiwa pembunuhan itu terjadi karena keinginan diri sendiri ataupun tdk, peristiwa tersebut merupakan suatu bagian dr masa lalu, tidak dapat diubah, dan tidak ada gunanya untuk disesali. Penyesalan yang berkepanjangan hanya akan merugikan perkembangan batin sendiri. Hiduplah pada masa sekarang, bukan pada masa lalu ataupun masa depan..

Dalam kehdpan sehari2, kalimat tersebut biasanya saya ulang2 untuk diri sendiri jg jika saya telah melakukan perbuatan yang mengakibatkan penyesalan di kemudian hari..dan ternyata sukses  ;D

intinya: yang udah berlalu biarlah berlalu, jika dipikirkan terus hanya bikin rugi diri sendiri..ga ada untung2 nya..yang ptg tidak mengulanginya lagi...
yap setuju, contoh:  anggulimala
setelah mendengarkan kotbah sang Buddha anggulimala dan algojo ini sepenuhnya telah melepas semua bentuk pembunuhan.
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline Indra

  • Pensiunan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.392
  • Reputasi: 441
  • Gender: Male
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #12 on: 22 July 2010, 07:57:31 PM »
Ask: apakah sama antara culasotapanna dengan sotapanna ??

This refers to vipassana practitioners who do not have any ariya quality other than sufficient faith in and love for the Tathagata. For faith in and love for the Buddha arise in monks who are seated doing vipassana meditation. They are as if taken by the hands and placed in heaven by that faith, by that love. It seems they are of fixed destinies. Moreover, the ancient theras (elders) call such a monk a minor stream-enterer (culasotapanna).

Online xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 56
  • Gender: Male
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #13 on: 22 July 2010, 09:07:46 PM »
dan perlu diingat bahwa algojo itu masih harus lahir kembali dan masih harus menerima karma buruk.
Angulimala sih udah langsung kabur ke Nibbana...
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.740
  • Reputasi: 235
  • Gender: Male
Re: Apakah semua pembunuhan itu merupakan pelanggaran?
« Reply #14 on: 22 July 2010, 10:12:27 PM »
Ask: apakah sama antara culasotapanna dengan sotapanna ??

This refers to vipassana practitioners who do not have any ariya quality other than sufficient faith in and love for the Tathagata. For faith in and love for the Buddha arise in monks who are seated doing vipassana meditation. They are as if taken by the hands and placed in heaven by that faith, by that love. It seems they are of fixed destinies. Moreover, the ancient theras (elders) call such a monk a minor stream-enterer (culasotapanna).

Seingat saya sih nggak, karena belum magga dan phala. Tetapi seingat saya cula sotapanna pasti akan jadi minimal sotapanna di kehidupan selanjutnya di alam dewa.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days