topic short url: http://dhct.ws/f14402

Author Topic: Cara Mengenal Sebuah Berlian  (Read 20779 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Cara Mengenal Sebuah Berlian
« on: 03 January 2010, 11:15:16 PM »


Apabila anda berencana membeli cincin nikah berlian, sebaiknya anda memahami seluk beluk berlian terlebih dahulu. Ini penting karena nilai jual atau harga batu berlian tidak seperti emas dan perak yang relatif sama dengan takaran berat tertentu. Nilai berlian dipengaruhi lima elemen yang dikenal dengan istilah 5C, yaitu carat (karat), clarity (kejernihan), color (warna), cut (potongan) dan certificate (sertifikat).

Carat (Karat)

Karat merupakan ukuran berat berlian. Marc Brauner, penulis A Rainbow of Diamonds yang dimuat di majalah Solitaire edisi Juni 2005, menyebutkan bahwa dibutuhkan lima ton tanah dan bebatuan untuk menemukan satu karat berlian kasar dan setengah karat berlian yang ‘bersih’. Selain itu, bila disesuaikan dengan satuan gram, satu karat setara dengan 0,2 gram. “Satu karat masih dipecah lagi menjadi 100 unit,” tambah Tina Sze, dalam sebuah tulisannya di majalah yang sama edisi Desember 2002. Artinya, apabila anda menemukan sebuah batu berlian sebesar 0,7 karat, maka berlian tersebut setara dengan 0,14 gram.

Menaksir harga sebuah berlian berdasar besar karatnya itu tidak seperti menaksir harga emas yang relative sama berdasar beratnya. Harga sebuah berlian 4 karat tidak sama dengan jumlah harga empat berlian 1 karat. Ini disebabkan kelangkaan berlian berkarat besar. Tidak itu saja, perbedaan unit yang sedikit saja bisa menyebabkan perbedaan harga yang sangat tinggi. Harga berlian 2 karat bisa berjuta-juta rupiah lebih mahal dibanding berlian 1,98 karat. Hal ini tentunya bisa dijadikan pertimbangan pasangan yang ingin membeli berlian berkarat cukup besar tanpa mengeluarkan banyak uang.

Clarity (Kejernihan)

Kejernihan sebuah berlian ditandai dengan kecemerlangannya dalam menangkap sekecil apapun cahaya dan memantulkannya kembali. Inilah yang diistilahkan dengan ‘berkedip-kedip’ atau yang mendasari peribahasa ‘bagaikan berlian di dalam lumpur’. Menurut wikipedia, kejernihan berlian ini dipengaruhi adanya ‘kotoran’ berupa mineral lain dan keretakan pada permukaan atau dalam berlian. Campuran mineral dan keretakan inilah yang menyebabkan berlian terlihat kurang berkilau atau ‘butek’. Gemological Institute of America (GIA) merupakan salah satu acuan internasional dalam standarisasi pengukuran kejernihan berlian. Kejernihan tertinggi diberi label dari yang terbaik berupa ‘flawless category (FL)’ , diikuti ‘very very slightly included (VVS)’ hingga ‘included category (I) sebagai kategori terendah. Namun, tak sedikit yang menganggap beberapa ‘cacat minor’ ini menjadi salah satu keistimewaan berlian tersebut. Bukankah dalam seni pun ketidaksempurnaan menciptakan keindahan?

Color (Warna)

Lazimnya, cincin nikah menggunakan mata berlian berwarna putih yang identik dengan kesucian pernikahan. Semakin putih warna berlian, semakin mahal pula harganya. Namun, secara kasat mata, berlian yang benar-benar berwarna putih dengan yang memiliki campuran warna lain sangat sulit dikenali. Satu-satunya cara mengetahui warna berlian tersebut adalah melalui pemeriksaan laboratorium seperti yang bisa anda lakukan beberapa toko perhiasan lokal. Meskipun berlian putih banyak diincar para calon pasangan pengantin, bukan berarti harga berlian putih menjadi yang termahal di pasar berlian. Teori berlian putih itu termahal telah dipecahkan dalam lelang Sotheby’s di New York pada tahun 1987. Sebuah berlian berwarna merah keunguan terjual dengan harga lebih dari sembilan ratus ribu dolar amerika serikat. Silakan kalkulasikan sendiri nilainya dengan kurs saat ini, lalu kalikan lagi dengan persentase inflasi sejak tahun tersebut.

Cut (Potongan)

Ada empat jenis potongan berlian yang umum; yakni oval, marquis, pear, hati, emerald dan baguette. Namun bukan jenis-jenis bentuk potongan ini yang menentukan harga berlian. Namun keakuratan dan kerapian potongan berlian yang mempengaruhi kualitas pantulan sinar yang masuk melaluinya.

Certificate (Sertifikat)

Ini adalah elemen terkini yang mengubah konsep penilaian kualitas berlian sebelumnya yakni 4C. Meskipun tak semua toko perhiasan yang menjual berlian menyertakan sertifikat berkelas internasional seperti sertifikat berlian yang dikeluarkan Gemological Institute of America (GIA), namun setidaknya dalam surat pembelian cincin nikah berlian, kualitas karat, kejernihan, warna dan potongan selalu tertera. Anda memerlukan sertifikat ini tak saja sebagai pengetahuan pribadi atas berlian yang anda miliki, namun sebagai kekuatan hukum saat anda ingin menjualnya atau menuntut toko perhiasan terkait apabila ternyata kualitas berlian yang anda beli tidak seperti yang tertera di sertifikat mereka. Untuk lebih aman, belilah cincin nikah bermata berlian selalu di toko-toko perhiasan yang menyertakan sertifikat dari Gemological Institute of America (GIA), American Gemological Laboratories (AGL), International Gemological Institute (IGI), HRD/Antwerp Diamond High Council, dan Schweizerische Stiftung fur Edelstein-Forschung (SSEF).

Dengan panduan 5C, anda bisa lebih memahami hubungan harga dan kualitas berlian. Anda pun bisa menyesuaikan dana anggaran anda dengan berlian yang diinginkan. Contohnya, apabila anda menginginkan cincin nikah berlian berkarat besar dengan anggaran terbatas, anda bisa mengorbankan kualitas warnanya tanpa mengabaikan kejernihan dan potongannya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan cincin berlian yang sangat jernih, dengan potongan dan warna yang cemerlang meskipun harus dalam karat yang kecil. Semua kembali kepada anggaran dan keinginan anda. Yang terpenting, anda menemukan cincin nikah berlian yang akan menjadi kenangan kisah cinta berdua.
« Last Edit: 03 January 2010, 11:18:52 PM by Virya »
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.097
  • Reputasi: 128
Re: Cara Mengenal Sebuah Berlian
« Reply #1 on: 04 January 2010, 12:15:49 AM »
sejauh yg ane tahu,
kalau asli kena cahaya tidak terlalu berkedip-kedip di bandingnkan dengan yg palsu.
dan biasanya
jika kena cahaya, warnanya jernih tidak seperti yg palsu (mengeluarkan cahaya pelangi)
Samma Vayama

Offline Elin

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.332
  • Reputasi: 213
  • Gender: Female
Re: Cara Mengenal Sebuah Berlian
« Reply #2 on: 04 January 2010, 12:57:38 AM »
Info yg bagus nih, Elin minim pengetahuan cara mengetahui berlian yg asli...
Gak punya berlian sih.. ;D

Offline kamala

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 591
  • Reputasi: 43
  • Gender: Female
Re: Cara Mengenal Sebuah Berlian
« Reply #3 on: 04 January 2010, 02:55:41 PM »
minta beliin ama ........
Daripada seribu kata yang tak berarti,
adalah lebih baik sepatah kata yang bermanfaat,
yang dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Cara Mengenal Sebuah Berlian
« Reply #4 on: 04 January 2010, 11:24:21 PM »
ama ...... navis  ;D

 :whistle:
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....