topic short url: http://dhct.ws/f14178

Author Topic: Paritta.Sutra.Mantra  (Read 3351 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Glenys Alodia Japutra

  • Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 0
Paritta.Sutra.Mantra
« on: 12 December 2009, 11:37:57 PM »
Namo Buddhaya,
Apa sih perbedaan Paritta,Sutra,Mantra ?
dan apa manfaat dari masing 2 ketiganya.
Tolong dong sharing kalau ada yg mengerti , tks sebelumnya _/\_
Mettacitena

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Paritta.Sutra.Mantra
« Reply #1 on: 12 December 2009, 11:41:30 PM »
setahu saya, Paritta itu terdapat dalam Theravada, yang berisi chanting yang memiliki makna tertentu misalnya karaniya Metta , yaitu chanting tentang cinta kasih.. Kalo Sutra, itu dianggap sebagai sabda Sang Buddha didalam tradisi Mahayana, sedangkan Mantra itu adalah kata kata yg dianggap memiliki kekuatan khusus oleh beberapa aliran misalnya tantrayana, Kejawean, dll

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.097
  • Reputasi: 128
Re: Paritta.Sutra.Mantra
« Reply #2 on: 12 December 2009, 11:48:55 PM »
imo,
paritta = wejangan2 / petuah2
sutra (sejauh yg gue baca) = lebih ke puji2an/ deskriptif eksplanatori
mantram= rangkaian kata2 yg mengandung power
Samma Vayama

Offline Glenys Alodia Japutra

  • Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 0
Re: Paritta.Sutra.Mantra
« Reply #3 on: 13 December 2009, 09:54:44 PM »
Namo Buddhaya.
Thanks atas sharingya
Ada tidak ya yg punya pengalaman mengenai Paritta,Sutra,Mantra ?
kalau ada sharing dong
Mettacittena,
Glenys

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Paritta.Sutra.Mantra
« Reply #4 on: 13 December 2009, 10:24:17 PM »
Kata 'paritta' secara literal berarti 'perlindungan'. Paritta berisi syair2 dalam bahasa Pali yang biasanya memiliki tujuan untuk mendapatkan perlindungan dari bahaya2 atau ketidak-beruntungan. Beberapa paritta telah disusun oleh Sang BUddha sendiri seperti Khandhaparitta (syair2 perlindungan supaya tidak diganggu ular) dan Dhajaggaparitta (syair2 perlindungan supaya bebas dari ketakutan). Juga ada paritta yang disusun oleh makhluk halus dan diterima oleh Sang BUddha, yakni  Āṭānatiyaparitta (syair2 perlindungan supaya tidak diganggu oleh makhluk halus). Kebanyakan paritta disusun oleh para bhikkhu belakangan.

Sutra berasal dari bahasa Sansekerta/sankrit yang berarti 'khotbah' dan mengacu pada khotbah2 yang ada dalam Mahayana. Dalam Theravada, dikenal sebagai sutta.

Mantra juga berasal bahasa sanskrit, seperti kata teman2, merupakan  kata2 yang mengandung magis. Mantra sangat terkenal dalam agama Hindu / Brahmana, namun belakangan juga diadopsi oleh beberapa sekte agama Buddha seperti Tantrayana. Karena orang2 Indonesia juga dipengaruhi oleh agama BUddha-Siva (gabungan antara agama Buddha dan HIndu), mantra juga masih dikenal di Indonesia.. Dalam tradisi Theravada, mantra dikenal sebagai 'manta' dan dalam kitab Komentar Jātaka, Bodhisatta konon juga mempelajari beberapa manta/mantra.

Be happy.

Offline Glenys Alodia Japutra

  • Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 0
Re: Paritta.Sutra.Mantra
« Reply #5 on: 18 December 2009, 01:14:02 PM »
Namo Buddhaya,

Tks sharingya, _/\_
Ada yg tahu ? dimana literatur yg lengkap & benar u/ aneka ragam dari
Paritta,sutta & mantra
Tolong sharingnya ya  :)

Mettacitena,
Glenys

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.071
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Paritta.Sutra.Mantra
« Reply #6 on: 02 January 2010, 04:34:53 PM »
Literatur lengkap sih gak ada, tapi kalau ingin salah satu bacaan yang menjelaskan sedikit tentang paritta, bisa buka www.dhammacitta.org lalu klik perpustakaan dan cari e-book berjudul Makna Paritta, bisa di-download gratis ;D

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Paritta.Sutra.Mantra
« Reply #7 on: 05 June 2010, 01:34:05 AM »
Paritta Suci yang ditampilkan dilantunkan bersama-sama
silakan http://www.ceramahdhamma.com/contents/paritta/paritta-suci

 _/\_

  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.343
  • Reputasi: 415
  • Gender: Male
  • not self
Re: Paritta.Sutra.Mantra
« Reply #8 on: 05 June 2010, 06:13:57 AM »
utk paritta oleh Bhikkhu Sangha / Bhikkhu Dhammadhiro, terdiri dari 3 CD bisa di download di

Sorry, you are not allowed to see this part of the text. Please login or register.


ebook makna paritta bisa didownload di
Sorry, you are not allowed to see this part of the text. Please login or register.
There is no place like 127.0.0.1

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.685
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Paritta.Sutra.Mantra
« Reply #9 on: 05 June 2010, 08:11:40 PM »
Namo Buddhaya.
Thanks atas sharingya
Ada tidak ya yg punya pengalaman mengenai Paritta,Sutra,Mantra ?
kalau ada sharing dong
Mettacittena,
Glenys

berbagi cerita yah.

yang paling gampang Pancasila tidak hanya mengucapkan tapi mempraktekan nya biar pun bolong bolong atau banyak bolong nya( bila sudah berlatih) bisa melindungi kita dari tindakan yang mungkin membawa kejatuhan misalnya : bila tiba tiba keinginnan membunuh atau memusnah kan seseorang timbul bisa di kendalikan menjadi tidak membunuh hanya mendiamkan dari situ bisa menjauhkan mereka dari kita, setidak nya nya menurunkan derajat nya sehingga tidakmembawa kita jatuh dalam perbuatan tercela atau yang menimbulkan kamma buruk yang berat bagi kita .
« Last Edit: 05 June 2010, 08:39:53 PM by daimond »