topic short url: http://dhct.ws/f12863

Author Topic: Alat Tes Kehamilan, Akuratkah?  (Read 40991 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Alat Tes Kehamilan, Akuratkah?
« on: 09 September 2009, 04:18:56 PM »
Seberapa 'pintar' sebenarnya alat deteksi kehamilan? Bisakah alat itu memberi hasil keliru? Bagaimana cara memperoleh hasil paling akurat? Berikut ini jawabannya.

Apa yang dideteksi alat tes kehamilan?

Alat tes kehamilan (biasa disebut test pack) bekerja dengan cara mendeteksi tingkat hormon hCG (human chorionic gonadotropin). Jumlah hormon ini menaik dalam tubuh, segera setelah terjadi pembuahan sel telur oleh sel sperma. Hormon ini biasanya mulai ditemukan dalam urine 3-5 hari setelah pembuahan, namun biasanya tidak dideteksi sebelum 10-14 hari, ketika menstruasi berikutnya tidak terjadi dan calon ibu baru menyadari kemungkiann ia hamil dan melakukan tes. Tingkat hCG akan paling tinggi sekitar usia 2 bulan kehamilan, lalu menurun kembali.

Seberapa akurat hasil tes alat ini?

Banyak produsen test pack mengklaim, alat ini punya akuarsi sampai 95%. Namun perlu disadari, klaim ini didasarkan pada percobaan terkontrol di laboratorium. Belum banyak data ilmiah mengenai penelitian penggunaan alat ini di luar laboratorium, yakni saat digunakan oleh konsumen.

Studi yang pernah dilakukan di AS menunjukkan, 12,5% hasil tes alat ini tidak akurat. Kebanyakan karena petunjuk dalam test pack itu tidak dimengerti oleh konsumen, atau digunakan dengan cara yang salah. Namun hasil positif yang dideteksi alat ini biasanya akurat, lebih tinggi dibanding hasil negatif yang tidak akurat.

Bagaimana cara benar menggunakan test pack?

Sebelum tes, baca secara teliti petunjuk dalam kemasan alat. Tiap alat tes memberikan instruksi yang berbeda. Akurasi dipengaruhi oleh apakah ibu mengikuti petunjuk dengan benar atau tidak. Jika ada istilah-istilah yang tidak dimengerti, kontaklah produsennya. Umumnya mereka punya nomor layanan pelanggan. Secara umum, pastikan untuk menyimpan test pack pada suhu kamar, tidak kadaluwarsa, dan tidak membuka kemasan dalam yang membungkus alat tes, kecuali ketika hendak digunakan.

Saat melakukan tes, pastikan basahi area tes yang disebutkan dalam petunjuk pemakaian, dengan menempatkannya pada urin selama sekurangnya 5 detik. Setelah alat tes dibasahi urin, biasanya alat itu mesti ditempatkan pada permukaan yang datar sementara ibu menunggu hasilnya.

Apa yang dimaksud hasil tes negatif atau positif 'palsu'?

Hasil tes negatif palsu hasil tesnya negatif padahal ibu sebenarnya hamil. Hasil positif palsu yakni tes mengindikasikan ibu hamil, padahal sebenarnya tidak hamil.

Apa penyebab terjadi hasil-hasil 'palsu' tersebut?

Penyebab hasil negatif palsu misalnya karena menggunakan sampel urin yang kurang bagus. Misal yang ditempatkan dalam wadah kotor atau berminyak. Atau urin sudah dingin atau kurang pekat. Wadah gelas bening bagus untuk tes urine. Kurangnya pembasahan pada alat tes juga bisa menyebabkan test pack tidak bisa mendeteksi dengan benar. Carbamazepine -obat antikejang- bisa juga menyebabkan hasil negatif yang palsu.

Hal-hal yang bisa memebrikan hasil positif palsu misalnya persalinan atau keguguran yang baru-baru saja terjadi, meningkatnya leutenizing hormone (LH), penggunaan obat-obatan tertentu seperti methadone, chlordiazepoxide, atau promethazine. Bisa juga pada ibu yang tengah mengonsumsi obat-obatan yang mengandung hCG, seperti Humegon, atau ibu mengalami penyakit tertentu. Beberapa jenis tumor dan penyakit yang tidak umum juga bisa membuat hasil tes menjadi positif. Namun pil KB, obat sakit kepala, antibiotik, dan obat-obatan yang umum lainnya tidak mempengaruhi hasil pembacaan tes.

Bagaimana kalau hasil tes negatif, tapi saya masih belum menstruasi juga? Ada kemungkinan saya hamil?
Ya, mungkin saja. Jika ibu tak menunggu sekurangnya 14 hari setelah ovulasi (di mana menstruasi yang baru datang lagi), kemungkinan akan memperoleh hasil negatif, tak peduli ibu hamil atau tidak. Sebab jumlah hormon hCG mungkin masih terlalu kecil untuk dapat dideteksi dengan test pack. Untuk hasil terbaik, gunakan test pack setelah ibu tidak mendapat mens yang seharusnya datang.

Seberapa jelas hasil tes positif yang diberikan test pack?

Pada kebanyakan alat tes kehamilan yang menggunakan indikator warna, entah berupa garis, berubahnya tanda plus, atau noktah warna, maka warna itu akan muncul jika ibu memang hamil. Bahkan jika warna itu tidak terlalu tajam. Umumnya, makin banyak hormon hCG dalam urine, warna indikator yang timbul makin kuat. Jadi jika ibu melakukan tes awal sekali, warna yang timbul mungkin tidak terlalu kuat, meski ibu hamil. Lakukan tes lagi 3-7 hari kemudian.

Bagaimana kalau saya ragu dengan hasil tes itu?

Kalau ibu ragu dengan hasil tes, lakukan tes lagi atau kontak dokter. Dokter akan melakukan tes darah yang lebih sensitif untuk memastikan apakah ibu hamil atau tidak.(TG)
 
 
Sumber: Majalah Nirmala
 

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Alat Tes Kehamilan, Akuratkah?
« Reply #1 on: 09 September 2009, 04:55:26 PM »
Yang tokcer mah merk HcG dari abbot. Merk lain kurang tokcer..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Elin

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.335
  • Reputasi: 214
  • Gender: Female
Re: Alat Tes Kehamilan, Akuratkah?
« Reply #2 on: 09 September 2009, 05:20:40 PM »
pengalaman terselubung ya, sis   ^-^

Offline JH sugathadasa

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 293
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: Alat Tes Kehamilan, Akuratkah?
« Reply #3 on: 09 September 2009, 05:35:06 PM »
Kayaknya Sensitif juga akurat tuh.. :P

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Alat Tes Kehamilan, Akuratkah?
« Reply #4 on: 09 September 2009, 06:39:14 PM »
Kalau yang merk S, malah nggak akurat waktu saya pakai..
 [at] elin..yup. Pengalaman pribadi aja, nggak terselubung.
Life is beautiful, let's rock and roll..