topic short url: http://dhct.ws/f11434

Author Topic: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?  (Read 12074 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 215
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
[ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« on: 19 June 2009, 12:36:21 PM »

Manggis (Garcinia mangostana)

Selain buah, kulit buah manggis juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan bahan baku obat-obatan. Kulit buah mengandung senyawa xanthone yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alfa mangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin, dan gartanin. Senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa xanthone tersebut hanya dihasilkan dari genus Garcinia. Di luar negeri kulit buah manggis sudah dibuat kapsul yang digunakan untuk suplemen diet, antioksidan, dan antikanker.

Bagaimana mengetahui apa yg terkandung dalam kulit manggis?
Apakah kandungan tsb sangat berguna bagi kesehatan?
Ada saja yg mengklain bahwa kasiat kulit manggis dpt mengobatin hingga
   75 jenis penyakit, termasuk kanker, prostat, dsb... apakah bener begitu?
Kalau kulit manggis aja biasanya dibuang2, kenapa sebotol jus kulit manggis
   dijual hingga ratusan ribu rupiah ?

thanks atas masukannya!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.546
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #1 on: 19 June 2009, 01:07:06 PM »
Untuk menjawab pertanyaan no 1. Butuh beberapa ilmu Kimia
- untuk mengambil zatnya secara sempurna maka kulit manggis harus diextraksi dengan menggunakan pelarut2 tertentu seperti metanol dan etanol yang merupakan pelarut universal (Kimia Organik)

- Setelah diextraksi, akan diperoleh senyawa berupa Extract, maka akan dimasukkan ke rotary evaporator untuk mengentalkan dan mempersedikit alkohol (Kimia Bahan Alam)

- Setelah dirotary, maka akan diperoleh hasil extract yang lebih kental, sehingga bisa digunakan untuk penentuan jenis senyawa secara kasar (termasuk dalam alkaloid, flavonoid, saponin, dkk) dengan menggunakan reagen2 seperti Meyer yang akan positif jika menggandung alkaloid
(Kimia Bahan Alam + Kimia Kualtitatif)

- Setelah diketahui jenis senyawanya, maka akan dicari cara yang cocok untuk mengisolasinya, apa menggunakan kromatografi dll, 
(Kimia Bahan Alam + Metoda Pemisahan)

- Setelah zat diisolasi, dapat dipelajari dengan menggunakan spektrum IR, UV, GC-MS, dll untuk menentukan strukturnya
(Analisa Fisiko Kimia)

- Jika sudah diketahui strukturnya, akan dipelajari kegunaannya dan diusahakan dibuat sintetiknya dengan memperhitungkan bagaimana rumus bangun, dll
(Farmakologi (Farmakodinamik), Kimia Medisinal)

- Setelah didapat maka akan diusahakan dibuat dalam bentuk sediaan yang cocok
(Teknologi Farmasi, Farmakokinetika, Biofarmasetik)

2. Kandungan tersebut berguna dalam kesehatan ya harus diteliti dulu aktivitas farmakologinya

3. Dari yang saya uraikan di atas, semuanya membutuhkan duit u/ riset.. wajarkan sebotol jus kulit manggis dijual demikian ?


Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #2 on: 19 June 2009, 07:25:25 PM »
Om forte,mau nanya..
Begini,Warga kalimantan barat sangat terdoktrin dgn mitos "makan buah manggis+konsumsi gula pasir=almarhum/meninggal"
apakah benar mitos tersebut jika di tinjau dari sudut pandang medis..
Soalnya ga ada yg berani membantah mitos tersebut...karena jika membuktikannya secara awam(manual) nyawa taruhannya
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.546
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #3 on: 19 June 2009, 07:44:22 PM »
bukan kalimantan saja..
riau juga.. :)

dulu kecil percaya.. tapi sekarang nggak, manggis sudah dibikin jus koq.. apakah jus manggis 100% tidak mengandung gula ?
I dont think so..

dan gw sampai saat ini belum menemukan bukti literatur kandungan manggis yang bereaksi dengan gula yang menimbulkan kematian..
Hanya saja manggis yang sudah mengandung xanthone bisa mematikan..
« Last Edit: 19 June 2009, 07:46:30 PM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #4 on: 19 June 2009, 08:39:29 PM »
Kok terkesan ga pasti om ;D ;D

ironis juga ya,belum ada bukti literatur soal mitos manggis ini,mungkin karena masyarakat di kota besar tidak terlalu suka mengkonsumsi buah manggis,sehingga tidak terlalu terusik dgn mitos ini

yg lucunya masyarakat di kalimantan masih belum berani membantahnya,karena tidak ada yg mau jadi kelinci percobaan(secara manual)..

Thank ya om atas jawabannya ;D
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.546
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #5 on: 19 June 2009, 09:03:16 PM »
Kok terkesan ga pasti om ;D ;D

ironis juga ya,belum ada bukti literatur soal mitos manggis ini,mungkin karena masyarakat di kota besar tidak terlalu suka mengkonsumsi buah manggis,sehingga tidak terlalu terusik dgn mitos ini

yg lucunya masyarakat di kalimantan masih belum berani membantahnya,karena tidak ada yg mau jadi kelinci percobaan(secara manual)..

Thank ya om atas jawabannya ;D
sori.. karena jujur saja, saya juga tidak mempunyai bukti yang kuat untuk menyatakan mitos itu salah..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #6 on: 19 June 2009, 09:37:32 PM »
Ga apa2 kok om,yg penting kejujuran dipertahankan ;D
 
btw,TSnya mana ni,gmn kalo TS dijadiin kelinci percobaan untuk pembuktian mitos manggis ini..paska aja..

Berhubung udah mulai ngejunk,

kabbuuurrrrrrr.....

Thank om forte
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 215
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #7 on: 21 June 2009, 06:50:06 AM »
Quote
Hanya saja manggis yang sudah mengandung xanthone bisa mematikan..

Bro Forte,

malah ada jus manggis yg bermerek

XANTHONE

jadi xantone itu racun atau gimana ya ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 215
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #8 on: 21 June 2009, 06:54:17 AM »
Quote
Untuk menjawab pertanyaan no 1. Butuh beberapa ilmu Kimia
- untuk mengambil zatnya secara sempurna maka kulit manggis harus diextraksi dengan menggunakan pelarut2 tertentu seperti metanol dan etanol yang merupakan pelarut universal (Kimia Organik)

Bro Forte,

pikirnya gw kulit2 manggis itu diiris-iris kemudian dijemur sampai kering,
terus digiling menjadi tepung.

Nah tinggal tepungnya di minum kira2 spt kopi?

atau direbus kulitnya kemudian dikentalkan.... begitu?

mohon penjelasannya.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.546
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #9 on: 21 June 2009, 08:32:30 AM »
Quote
Untuk menjawab pertanyaan no 1. Butuh beberapa ilmu Kimia
- untuk mengambil zatnya secara sempurna maka kulit manggis harus diextraksi dengan menggunakan pelarut2 tertentu seperti metanol dan etanol yang merupakan pelarut universal (Kimia Organik)

Bro Forte,

pikirnya gw kulit2 manggis itu diiris-iris kemudian dijemur sampai kering,
terus digiling menjadi tepung.

Nah tinggal tepungnya di minum kira2 spt kopi?

atau direbus kulitnya kemudian dikentalkan.... begitu?

mohon penjelasannya.
bisa begitu juga.. tapi kan bro di post awal tanya.. bagaimana cara mengetahui senyawa2 itu.. koq ada senyawa X, Y, Z
tau nya dari proses2 yang diuraikan di atas..

kalau mau bikin seperti di atas bisa juga.. di farmasi dinamakan sediaan galenik.
Kelemahan sediaan galenik juga ada, misal kita mengambil segenggam daun.. genggaman tangan gw dengan tangan yang lain kan beda.. maka dosisnya juga beda.. dan juga daun yang diambil juga harus diperhatikan.. mengambil daun yang tua dan daun yang muda.. ada perbedaan konsentrasi zat yang terkandung.. sehingga dosisnya juga beda.

Selain itu juga.. kandungan pada 1 daun.. tidak hanya berupa 1 zat saja.. tetapi banyak zat..

Contohnya ketika kita mengextraksi tanaman Atropa belladonnae dan hasilnya berupa Extract Belladonae, sebenarnya di dalamnya itu sudah ada Atropin juga. Jadi misalnya kita gunakan Extract Belladonae bersama dengan Atropin maka dosisnya idealnya dikurangi.. kalau tidak bisa fatal, overdosis sehingga mengganggu kinerja saraf simpatis dan parasimpatis



Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 215
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #10 on: 21 June 2009, 09:07:31 AM »
Thanks atas informasinya bro Forte,

apakah mungkin membuat juice kunyit,
yg warnanya tidak kuning, tidak pahit,
tetapi memiliki khasiat mengawetkan makanan
(nasi kuning kan lebih tidak mudah basi dari nasi biasa?)

kira2 itu pakai cara kimia, atau pakai mesin (extractor machine) ?

(kalau spt bunga melati, mawar, minyak kayu putih kan cara penyulingan)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.546
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #11 on: 21 June 2009, 09:18:44 AM »
Oh.. kalau yang bro tanya itu metoda2 pemisahan..
Pemisahan bisa menggunakan beberapa metoda dan yang biasa seperti menggunakan perbedaan titik didih disebut destilasi, atau juga dengan menggunakan media pelarut..

Pelarut yang digunakan, misalnya etanol, pun ada beberapa cara, bisa menggunakan extraksi sejenis pemanasan berulang.. Ada yang didiamkan beberapa hari agar alkoholnya masuk ke dalam bahan dan melarutkan bahan2 yang terlarut di dalamnya.

Sedangkan bunga melati, mawar, minyak kayu putih itu kan diinginkan adalah minyak essensialnya, jadi dalam hal ini digunakanlah cara penyulingan. Yaitu di mana simplisia akan dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi, lalu uap yang ada akan bersatu dengan minyak terbawa ke atas. Di atas akan terjadi proses pendingininan (kondensasi) sehingga dihasilkan destilat. Destilat yang ditampung sudah terpisah, karena pada dasarnya minyak gak bersatu dengan air..

Membuat jus kunyit yang tidak kuning, tidak pahit tetapi memiliki khasiat mengawetkan makanan ini gunanya buat apa ?
bisa seh bisa, dengan cara pemisahan zat tadi.. sehingga diperoleh hasil separasinya, cuma biaya nya mahal..

Jadi misal kalau gunanya hanya untuk mengawetkan makanan, tidak harus pakai kunyit. campurkan saja Na. Benzoat yang harga lebih murah dan food grade.

Intinya kalau ditelusuri metoda separasi seh bisa2 saja.. cuma worthed / tidaknya juga perlu diperhatikan..
Ibarat cerita Zen yang pernah saya baca.. Seorang ibu mau menunjukkan kegigihan dapat mengubah segalanya dengan mengubah sepotong besi menjadi sebatang jarum dengan cara mengikirnya tiap hari.. Usaha itu berlangsung sangat lama, memakan waktu sebagian besar umurnya..

Anaknya menjawab dengan santai.. Memang benar kegigihan dapat mengubah segalanya.. Tapi kalau sampai mengorbankan umur tidaklah bermakna mengubah sepotong besi menjadi sebatang jarum..



Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 215
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #12 on: 21 June 2009, 11:17:42 AM »
Thanks bro Forte atas infonya....

Na. Benzoat itu mungkin masih ada baunya (kecium baunya). jadi
saya tanya apakah kunyit bisa sebagai pengganti. Ada juga yg pakai
cairan asap... sejenis kayu dibakar, dan di kompressed asapnya utk sbg pengawet.

Apakah di apotik2 juga udah banyak menjual juice kulit manggis ?
di Malaysia, juice kulit manggis udah dibuat menjadi business MLM lho!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.546
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #13 on: 21 June 2009, 12:09:43 PM »
teknik2 pengawet sangat beragam.. ada yang menggunakan kimia seperti benzoat.
Kalau mau yang lain seperti benzoat, bisa lirik senyawa paraben, biasa formulasi farmasi ada pake juga..
ada juga pake teknik non kimiawi, seperti penyinaran, sterilisasi basah, sterilisasi kering.
Kalau u/ produk2 cair seperti dairy product, jus minuman dll, yang pake kemasan kotak, bisa menggunakan pasteurisasi , HTST, atau UHT
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.663
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: [ASK] kulit manggis bermanfaat ?
« Reply #14 on: 28 July 2009, 07:02:53 PM »
Thanks bro Forte atas infonya....

Na. Benzoat itu mungkin masih ada baunya (kecium baunya). jadi
saya tanya apakah kunyit bisa sebagai pengganti. Ada juga yg pakai
cairan asap... sejenis kayu dibakar, dan di kompressed asapnya utk sbg pengawet.

Apakah di apotik2 juga udah banyak menjual juice kulit manggis ?
di Malaysia, juice kulit manggis udah dibuat menjadi business MLM lho!


hmm, sebelah toko obat ku ada kok yang jual jus kulit manggis "XAMthone plus"(depkes R.I POM P-IRT No.214317511077) ada yang berminat cuma Rp235.000,-.
« Last Edit: 28 July 2009, 07:06:29 PM by daimond »