topic short url: http://dhct.ws/f10678

Author Topic: Kuliah Psikologi  (Read 31926 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Kuliah Psikologi
« on: 10 May 2009, 07:18:14 PM »
 _/\_ buat temen2 yang udah nanya soal kuliah psikologi (tapi belom sempet saya jawab),
saya coba terangin secuil aja yah. Bukan bermaksud sok tau, bukan bermaksud menggurui. Hanya bermaksud memberikan gambaran soal kuliah psikologi.
Kuliah di fakultas psikologi biasanya menghabiskan waktu 4-6 tahun. Setelah lulus berhak menyandang gelar S.Psi (sarjana psikologi). Buat yang masih getol kuliah, sambung lagi 4 semester praktek spesialisasi. Kalau udah kelar, gelarnya Psi (psikolog).
Bedanya apaan tuh yang ada S ama yang nggak ada S?
Bedanya yang Psikolog boleh membuka praktek psikologi, dan dalam hal alat tes juga boleh membeli ke himpunan psikologi (himpsi).
Pada dasarnya, psikologi adalah ilmu jiwa. Jadi, kalau kuliah psikologi pasti mempelajari kepribadian, tes psikologis, dsbdsb...
Psikologi sendiri terbagi dalam berbagai bidang spesialisasi. Ada psikologi klinis (mempelajari berbagai macam penyakit kejiwaan), psikologi industri (mempelajari seluk beluk karyawan, motivasinya, prestasi kerjanya, blabla), psikologi pendidikan, psikologi perkembangan (di dalamnya terbagi lagi ada psikologi anak, remaja, dewasa, manula).
Jadi, sesuai minat masing2 psikolog, tiap psikolog nggak mesti menguasai seluruh bagian psikologi. Untungnya lagi, cakupan pekerjaannya luas banget. Bisa di perusahaan (HRD), bisa di sekolah (psikolog sekolah), bisa di rumah sakit (biasanya membantu psikologis pasien menerima kondisi tubuhnya), bisa di majalah/koran (konsultasi psikologi), bisa di lab (melakukan penelitian2), bisa di praktek psikologi (menjadi 'tong sampah' curhat klien yang dibayar, melakukan psikotes, dsb) dsb.
Berita baiknya, mahasiswa fakultas psikologi mempelajari itu semua. Berita buruknya, teorinya jelimet, pakai bahasa inggris (waktu saya kuliah seperti itu tapi sepertinya tidak semua uni begini)
jadi, kalau kuliah psikologi, kita akan belajar bagaimana menentukan kepribadian seseorang, apa alasan yang mendasarinya, bagaimana masa kecilnya, hubungannya dengan sesama blablabla...
Waktu saya kuliah, saya praktek di banyak tempat. Misal, praktek hrd di perusahaan, praktek klinis di RSJ, praktek interview pecandu narkoba di pusat rehab, dsbdsb. Jadi, dari situ kita bisa tentukan di bidang mana kita cocok...
Segitu dulu. Moga bisa membantu yah.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #1 on: 10 May 2009, 07:21:01 PM »
temen i lagi mao ngambil psikologi s2... dan sedang mencari psikologi industri..

ci Yuri ada rujukan di inet gak?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #2 on: 10 May 2009, 07:23:24 PM »
Maksudna ambil spesialisasi pio (psiko industri n organisasi) atau mau buat thesis untuk rujukan yah??
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #3 on: 10 May 2009, 07:30:45 PM »
sepertinya seperti itu.....

katanya sih.... segala bahan tentang psikologi organisasi dan industri gitu deh ;D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.547
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #4 on: 10 May 2009, 07:43:24 PM »
S.Psi => Sarjana
Psi => Profesi ya ?

terus apakah psikolog juga bisa berperan seperti dokter jiwa, bisa meresepkan obat2 seperti amitriptilin atau obat2 schizo ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #5 on: 10 May 2009, 08:37:09 PM »
Thanks masukannya bro 42...
Lupa nyebutin di awal, psikolog TIDAK berhak meresepkan obat2an...yang berhak ngasih resep obat (spt anti depresan gitu) adalah psikiater
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.547
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #6 on: 10 May 2009, 08:43:19 PM »
nah..
apa beda psikolog dan psikiater.. ini yang sering merancukan masyarakat..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #7 on: 10 May 2009, 08:51:13 PM »
Bedanya dari awalnya udah beda. Psikiater dasarnya kan belajar sarjana kedokteran terus spesialisasinya kedokteran jiwa. Makanya psikiater berhak ngasih resep obat2an (kan basic-nya dokter). Selain itu kerjanya terfokus pada pasien klinis yang istilah awamnya lebih 'sakit'...kalau psikologi kerjanya kan luas, dan kalau memang spesialisasi psikologi klinis, klien (bukan pasien) biasanya hanya menderita gangguan psikologis...contoh perbandingannya, psikopat ditangani psikiater, orang2 stres/OCD blabla ditangani psikolog. Dalam beberapa kasus, psikolog mesti bekerja sama dengan psikiater dan sebaliknya.
Moga cukup jelas yah bro 42
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.547
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #8 on: 10 May 2009, 09:06:28 PM »
iya.. makasih.. habis kadang suka bolak balik istilahnya ..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.343
  • Reputasi: 415
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #9 on: 10 May 2009, 09:09:15 PM »
MD -> S2 kejiwaan -> Psikiater  *boleh kasih obat*
Sarjana Psikologi -> Psikolog  *nda boleh bikin resep*

baru tau nih. thanks utk info-nya
There is no place like 127.0.0.1

Offline waliagung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 401
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • SEMOGA SEMUA MAHLUK HIDUP BERBAHAGIA
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #10 on: 11 May 2009, 10:04:58 PM »
mau tanya kalo udah ada umur bisa kg kul biayanya berapa kul jd pisiater
Dan ada d falkutas mana aja

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #11 on: 11 May 2009, 10:16:29 PM »
Psikologi lain sama psikiater, pak wali (coba baca postingan di atas).
Tapi, kalau kuliah psikologi (waktu jaman saya kuliah) BANYAK bapak2/ibu2 yang ikut kuliah S1 psikologi. Semangat dan usaha mereka patut diacungin jempol...
Soal biaya per semester, saya tidak tahu. Pak wali mesti cek ke universitas yang ada fakultasnya. Saat ini fakultas psikologi di jakarta udah lumayan banyak, baik yang swasta maupun negeri.
Moga bisa bantu ya 8)
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.071
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #12 on: 12 May 2009, 09:10:56 PM »
Thanx infonya ci Yuri, saya juga lulus SMA ini mau melanjutkan pendidikan ke Fakultas Psikologi.

Mungkin nanti bisa dibagi pengalamannya pada saat ci Yuri masih sebagai mahasiswa Psikologi... kalau kata teman2 yang pernah berkuliah di jurusan psikologi sih, benar-benar berat teorinya.

Btw, waktu kuliah sempat magang gak?

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #13 on: 12 May 2009, 10:08:40 PM »
Magang dong...
Kalo mau ngambil psiko, coba nanti sy cari buku2 kuliah saya yang inggris dulu yah. Siapa tau masih ada yg belum disumbang ke perpus kamu bisa pake biar lbh hemat.  Mang mau ngambil di mana?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.605
  • Reputasi: 113
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #14 on: 12 May 2009, 10:15:51 PM »
_/\_ buat temen2 yang udah nanya soal kuliah psikologi (tapi belom sempet saya jawab),
saya coba terangin secuil aja yah. Bukan bermaksud sok tau, bukan bermaksud menggurui. Hanya bermaksud memberikan gambaran soal kuliah psikologi.
Kuliah di fakultas psikologi biasanya menghabiskan waktu 4-6 tahun. Setelah lulus berhak menyandang gelar S.Psi (sarjana psikologi). Buat yang masih getol kuliah, sambung lagi 4 semester praktek spesialisasi. Kalau udah kelar, gelarnya Psi (psikolog).
Bedanya apaan tuh yang ada S ama yang nggak ada S?
Bedanya yang Psikolog boleh membuka praktek psikologi, dan dalam hal alat tes juga boleh membeli ke himpunan psikologi (himpsi).klo yg S.Psi boleh buka praktek juga gak ckurr?
Pada dasarnya, psikologi adalah ilmu jiwa. Jadi, kalau kuliah psikologi pasti mempelajari kepribadian, tes psikologis, dsbdsb...
Psikologi sendiri terbagi dalam berbagai bidang spesialisasi. Ada psikologi klinis (mempelajari berbagai macam penyakit kejiwaan), psikologi industri (mempelajari seluk beluk karyawan, motivasinya, prestasi kerjanya, blabla), psikologi pendidikan, psikologi perkembangan (di dalamnya terbagi lagi ada psikologi anak, remaja, dewasa, manula).
Jadi, sesuai minat masing2 psikolog, tiap psikolog nggak mesti menguasai seluruh bagian psikologi. Untungnya lagi, cakupan pekerjaannya luas banget. Bisa di perusahaan (HRD), bisa di sekolah (psikolog sekolah), bisa di rumah sakit (biasanya membantu psikologis pasien menerima kondisi tubuhnya), bisa di majalah/koran (konsultasi psikologi), bisa di lab (melakukan penelitian2), bisa di praktek psikologi (menjadi 'tong sampah' curhat klien yang dibayar, melakukan psikotes, dsb) dsb.
Berita baiknya, mahasiswa fakultas psikologi mempelajari itu semua. Berita buruknya, teorinya jelimet, pakai bahasa inggris (waktu saya kuliah seperti itu tapi sepertinya tidak semua uni begini)Jadi ckurr, blum tentu semua univ pake bhs Ingg lha yaa?\;D/\;D/\;D/, klo mis.nya pake bhs. Inggris, boleh buka kamus gak ckurr? ;D ;D ;D
jadi, kalau kuliah psikologi, kita akan belajar bagaimana menentukan kepribadian seseorang, apa alasan yang mendasarinya, bagaimana masa kecilnya, hubungannya dengan sesama blablabla...
Waktu saya kuliah, saya praktek di banyak tempat. Misal, praktek hrd di perusahaan, praktek klinis di RSJ, praktek interview pecandu narkoba di pusat rehab, dsbdsb. Jadi, dari situ kita bisa tentukan di bidang mana kita cocok...
Segitu dulu. Moga bisa membantu yah.
i mo nanya mo nanya mo nanyaa.... ;D ;D ;D :D
ckurr, klo kuliah psikolog, waktu mo ujian tes masuknya, ada diliat nilai ijazahnya gakk? ;D ;D ;D
dan ada syarat2 utk masuk jurusan psikolognya gak? ;D ;D ;D
ckurr, i mo nanya lagi... ;D ;D ;D
i pernah denger dari guru wnya ;D ;D ;D , waktu guru wnya pergi ke satu universitas, ia ada bertemu dgn anak jurusan psikolog, dan waktu berbicara dgn org tsb, gak sampe berjam2 gitu, mahasiswa tsb dah bisa mengetahui karakteristik guru wnya dari cara berbicaranyaa... ;D ;D ;D
pertanyaannya: Setiap psikolog bisa seperti gitu gak ckurr? ;D ;D ;D ;D ;D ato hanya tertentu saja? ;D ;D ;D
thanks juga yoo ckurr atas infonyaa \;D/\;D/\;D/
Thanx infonya ci Yuri, saya juga lulus SMA ini mau melanjutkan pendidikan ke Fakultas Psikologi.

Mungkin nanti bisa dibagi pengalamannya pada saat ci Yuri masih sebagai mahasiswa Psikologi... kalau kata teman2 yang pernah berkuliah di jurusan psikologi sih, benar-benar berat teorinya.

Btw, waktu kuliah sempat magang gak?
mr. wei, mr. weii, ntar klo jadi masuk ke fakultas psikolog, jgn lupa bagi2 ilmunya yaa ^-^ ^-^ ^-^ ^-^ ^-^ ^-^
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/