Wujud Indah Kwan Im

Wujud Indah Kwan Im
Willy Yandi Wijaya

Mungkin kita tidak asing lagi dengan Avalokitesvara Boddhisattva atau lebih terkenal dengan sebutan “dewi Kwan Im”.

Beliau dikenal sebagai dewi yang ‘mendengar’ setiap orang yang menderita…
Lalu…
Apakah kita tahu esensi dari wujud beliau….??

Terlepas dari apakah Kwan Im betul-betul nyata atau tidak secara historis, konsep Kwan Im adalah sangat indah sekali….(renungkanlah)

Beliau melambangkan suatu keadaan batin yang paling indah dan damai, yaitu welas-asih. Yang berarti cinta kasih kepada mereka yang menderita. Karena itulah beliau diwujudkan dalam bentuk seorang wanita yang memiliki seribu tangan dan seribu mata. Seribu tangan dan seribu mata yang ada di setiap telapak tangan beliau melambangkan bahwa beliau dapat melihat dengan mata-Nya dan menolong dengan tangan-Nya ke segala penjuru dunia….

Yang perlu dipahami oleh kita adalah bahwa wujud beliau yang sangat ber-welas-asih yang perlu kita tiru ketika kita memuja beliau, bukan hanya sekedar memohon-mohon. Justru ketika kita mengembangkan welas-asihlah, segala permohonan kita akan tercapai dikarenakan akibat dari perbuatan kita yang disertai dengan welas-asih.

Jika kita meyakini beliau dengan pengertian yang jelas yaitu setiap saat mengembangkan welas-asih kepada semua makhluk yang menderita dan lebih lanjut kita dapat mengembangkan cinta kasih kepada semua makhluk tanpa batas, maka kita telah selangkah lebih maju menjadi seorang Buddha.

Setiap saat—kapan dan di mana pun—kita harus senantiasa mengembangkan welas-asih dengan mengingat wujud Kwan Im dan berusaha bertindak seperti beliau yang selalu menolong mereka yang menderita

Ketika tindakan kita semua dilandasi dengan welas-asih maka…
tidak akan ada kebencian lagi, semua akan saling mencintai
tidak akan ada kekerasan lagi, semua akan saling memaafkan
tidak akan ada perang lagi, semua akan saling mengalah
tidak akan ada kehancuran lagi, dan semua akan saling menjaga
Dan kehidupan kita semua akan menjadi damai…

Itulah esensi perwujudan Kwan Im yang paling indah yang perlu kita pahami dan perlu kita wujudkan dalam kehidupan nyata.

  • http://www.friendster.com/abiandresj andry

    hai….
    saya andry,saya muslim …saya mengakui dewi kwan im itu memang benar adanya,saya sudah sering di bantu oleh beliau,beliau tidak pernah menyuruh saya keluar dr agama islam yg saya anut dan saya percayai,beliau menolong orang tanpa melihat agama orang itu…3 hari yg lalu beliau datang ke mimpi saya,dia selalu ada di belakang saya berbaju putih dan terpancar sinar matahari dari badan beliau sebanyak 36 pancaran sinar,itu yg terlihat dalam mimpi saya…..saya sudah berkali2 bermimpi beliau,saya selalu menyebutnya IBU terhadap beliau,saya sangat sayang terhadap beliau….mungkin berbeda dg orang chinesse Ibu memberitahukan klo beliau sangat suka bunga ros parsi yg berwarna pink,dimasukan ke dalam gelas tambah gula batu tambah air sebanyak seperempat gelas…..saya sudah lama melakukan ritual itu,dan memang terasa hasilnya !!! beliau memang baik hati/welas asih dan memang patut untuk dihormati……semoga ALLOH SWT menambah derajat kemuliannya setiap detik selamanya !!!! saya tidak tahu arti mimpi beliau…..tolong tanyakan kepada orang2 suci yg anda kenal,apa artinya itu, nama saya andry umur 33 lahir selasa,bulan juli,1974,saya di tasikmalaya ,,klo dah ada jawabannya tolong email saya ya,terima kasih

  • hilda

    Lalu ritual apa yang anda lakukan dengan bunga ros parsi dengan gula batu tersebut? terima kasih.

  • WillyYandiWijaya

    sdr Andry, cerita Anda menarik sekali.

    sebenarnya saya mengungkapkan konsep Kwan Im di sini dengan dengan sudut pandang logis dan psikis dengan harapan keyakinan terhadap Kwan Im tidak pudar, artinya keyakinan terhadap welas asih dan cinta kasih selalu ada dalam ingatan orang

    menanggapi cerita Sdr. Andry, memang saya banyak mendengar atau membaca tentang mukjizat Kwan Im.

    kalau ritual yang anda lakukan bagaimana ya?
    saya harap anda berhati-hati dalam ritual. jangan sampai menyakiti diri anda.

    Salah satu makna yang ingin disampaikan adalah bahwa anda perlu mengembangkan cinta kasih….bisa dengan berdana, membantu fakir miskin atau lainnya.

    kalau soal ritual, saya tidak berkomentar di sini. yang penting anda tidak menyakiti diri anda maupun orang lain (termasuk hewan, lingkungan)

    Anda bisa email saya di:
    willyyandi@gmail.com

    trims.

  • wu_bert

    sekedar berbagi pengalaman… sewaktu masih di SMP (saat ini ud kerja) pernah juga guan yin phu sa datang ke dalam mimpi saya… masih teringat sangat jelas di dalam mimpi itu guan yin phu sa berjubah putih bersih duduk bersila dengan latar belakang taman bunga yang sangat indah dan kabut tipis yang menyelimuti taman itu… guan yin phu sa dalam mimpi tidak menyampaikan pesan apa2… entah gimana (mungkin karena kaget) saya tiba2 terbangun dan tanpa sadar saya menangis bahagia… benar2 satu pengalaman yang sangat membangkitkan jiwa rohani saya… Na mo guan shi yin phu sa…

  • pisakendro

    Bagi saya, Kuan Im atau Avalokitesvara merupakan hal yang bernuansa mitos saja. Avalokitesvara yang dipercayai kaum Mahayana sebagai bodhisatva, tidak jauh merupakan mitos yang dibuat untuk mewujudkan bahwa bodhisatva merupakan sosok yang luar biasa dan patut dipuja-puji. Tentunya dalam nas Mahayana, Avalokitesvara merupakan bodhisatva yang digambarkan sebagai sosok pria.

    Apalagi Mahayana lebih mengutamakan fleksibilitas ajaran, maka ketika bersentuhan dengan budaya Tiongkok setempat, Avalokitesvara berubah wujud jadi Kuan Im (perempuan), yang tentunya hal ini sebenarnya sudah dinilai ketidakkonsistenan ajaran dan menjadikan ajaran menjadi kabur dan berkabut.

    Apalagi, banyak orang lebih cenderung memuja dan meyakini bahwa Kuan Im merupakan mahkluk Adibiasa, seperti halnya Tuhan atau Allah di agama lain. Namun ini dibiarkan sedemikian rupa demi kepopularitasan agar banyak orang yang memuja. Tentunya ini sudah sangat bertolak belakang dengan ajaran Sang Buddha yang mengajarkan bahwa kita setiap makhluk memiliki kamma masing2 untuk melindungi dirinya masing2. Keselamatan masing2 makhluk berada ditangan dirinya sendiri, bukan orang atau makhluk lain.

    Selain itu, banyak yang lain yang dapat dibuktikan bahwa munculnya Avalokitesvara dalam ajaran Mahayana sudah bertolak belakang dengan ajaran Sang Buddha. Sang Buddha tidak pernah menganggap bahwa bodhisatta merupakan makhluk suci dan patut untuk dipuja seperti yang ada di sutta Berkah Utama (Mangala Sutta).

  • marshall.deity

    Tulisan yang menarik…
    Ga pa2 ya saya komen… walaupun komen terakhir udah lebih dari sebulan yang lalu… :)

    @sdr. andry – saya meragukan apakah anda benar – benar seorang muslim… apa anda cuma mempromosikan “mukzizat” dewi kwan im (guan yin)??

    @sdr. pisakendro
    Ya, saya setuju dengan saudara pisakendro dalam satu hal, yakni bahwa memang hampir semua orang yang percaya dewi kuan im mengharapkan mukzizat ketimbang menyerap esensi nya… (eksamplenya bisa dilihat dari tulisan sdr. wu bert)
    Tapi saya kurang setuju dengan pandangan “fanatik” anda (maaf, tidak bermaksud menyinggung. he he he… :p ) yang mengesankan bahwa itu adalah penyimpangan yang sangat buruk…
    Menurut saya, konsep awal kuan im bukan untuk disembah karena mukzizatnya… Konsep awalnya adalah “bodhisatwa” dan welas asih (karuna)!
    Cumannya, bertahap ke bawah, konsep awalnya mulai diubah oleh bhiksu2 di cina…
    kuan im mulai di implementasikan sebagai penyelamat yang “wajib di sembah – sembah”… dan ini cocok untuk masyarakat cina waktu ini… sehingga sangat mudah menyebar… Ya… penyimpangan pasti ada… Tolong jangan menganggap semua bhik(k/s)u ataupun bhiksuni mengikuti ajaran buddha (yang dibilang langsung) dengan mutlak… Mereka juga pasti memiliki konsep pikirannya masing2 ataupun bahkan memasukan konsep pikiran mereka sendiri ke dalam ajaran2 yang telah ada… :D
    Jadi, saya sangat menghargai usaha penulis yang berusaha membalikkan “citra” kuan im ke esensinya yang positif, yang bebas dari mitos…
    Semoga semakin banyak orang yang berpikiran kritis tanpa fanatik ke salah satu pihak… ;)

    with regards,
    deity

  • marshall.deity

    dan ini cocok untuk masyarakat cina waktu ini… sehingga sangat mudah menyebar…

    Ralat : waktu ini seharusnya waktu itu… ;)

    with regards,
    deity

  • willyyandi

    hidup welas asih (Guan Yin/ Kuan Im)

  • jack

    Salam,
    Jika hanya dengan 4 hal yang dijalani dengan penuh keyakinan dapat membawa seseorang kepada kelahiran yang baik seperti Mengunjungi Tempat kelahiran sang buddha, Mengunjungi Tempat sang buddha pertama kali membabarkan dhamma, Mengunjungi Tempat sang buddha mencapai pencerahan, Mengunjungi tempat sang buddha mencapai parinirvana.

    Bukankah intinya ada pada suatu keyakinan yang teguh apapun itu namanya,
    Sanggup membawa seseorang pada kelahiran ke alam yang baik.

    Keyakinan yang bagaimanakah yang benar benar membawa pada kelahiran yang baik?

  • willyyandi

    keyakinan yang membawa pikiran dan pandangan ke arah positif

  • jack

    Bukankah keyakinan dapat menjelma pada arah manapun, keyakina benar hanya dapat diujikan dengan melakukan uji silang dengan Dhamma. Setiap orang bisa sedemikian yakinnya walau harus mengorbankan jiwa sendiri ataupun orang lain. Pikiran positif hanyalah sebuah pengkondisian pikiran, apa itu positif atau negatif jika hanya sebuah pendapat yang relatif.

    Jika seseorang datang ke Altar Sang Dewi dengan pikiran “Yakin”, apa bedanya dengan mengunjungi ke 4 tempat yang disucikan yang hanyalah tempat historis namun penuh rasa “Yakin”. Maka tak bedalah dengan konsep agama samawi berziarah ke tempat / tanah / kota yang disucikan. Saat pendapat mengalir sedemikian rupa maka semakin nyatalah bahwa Dhamma menjadi “BURAM” setelah 500 Th sebagaimana dinyatakan oleh sang buddha sendiri. semakin mengalir banyak pendapat semakin besar penolakan terhadap pendapat yang lain yang boleh jadi merupakan Dhamma yang benar.

    Be Peace

  • willyyandi

    bahasa anda sulit dimengerti

    saya rasa keyakinan terhadap Buddha tidak ada beda dengan terhadap sesuatu dalam artian aspek individu. tetapi dampak keyakinan tersebut bisa berbeda karena seseorang akan menjalankan sesuatu sejalan dengan sesuatu itu yang ia yakini tersebut. itu yang membedakan

  • Jack

    Inilah namanya bahasa, apalagi bahasa spiritual, akan lebih rumit untuk dimengerti tentunya. Membahas kisah seorang Dewi dan pencapaiannya bukanlah hal yang mudah dimengerti.

    Berangkat dari sebuah mimpi terlepas itu bunga tidur ataupun suatu ingatan masa lalu ataupun sebuah kemungkinan lain, semua hadir dari suatu ikatan yang kuat akan masa lalu.

    Sebuah inti ajaran yang pernah dibaca terdapat didalam prajnaparamita sutra.
    Disini terdapat begitu besar pengetahuan spiritual yang perlu digali lebih dari pada hanya melafalkan (walau hanya melafalkan saja mampu memberikan suatu mukjizat) karena ada sesuatu yang jauh dan mendalam disana.

    Saat dikatakan kamma ada ditangan sendiri, ini dalam kontek kejadian apa yang melatar belakangi? Semua sabda sering kali saling berkaitan dengan historis / kondisi yang ada dibelakangnya.

    Saya kaga mau mendengarkan siapa bisa memaksakan maksud pertolongan? Jika saya mau dibantu apakah tidak bisa?

  • marshall.deity

    to dear Jack:
    “Inilah namanya bahasa, apalagi bahasa spiritual, akan lebih rumit untuk dimengerti tentunya. Membahas kisah seorang Dewi dan pencapaiannya bukanlah hal yang mudah dimengerti.”

    anda yakin itu yang namanya bahasa???
    bukannya itu bahasa anda sendiri???
    hahaha… :D
    Peace Always… ^___^V

    With Regards,
    Deity

  • jack

    Yap itu gaya bahasa saya, dimana bedanya dengan bahasa sang buddha,
    Satu sabda menjelma berapa banyak makna?

    Hanyalah sebuah pendapat yang berlalu diterpa .

    Be Peace … :)

  • marshall.deity

    Maaf sdr. jack… saya kurang mengerti maksud anda…
    maaf… mungkin saya memang kurang dalam segi penyerapan bahasa…
    hihihi… ;)

  • wisdom

    Apa benar konsep kuan yin yang disembah itu hanya mitos & sudah tidak cocok dengan kondisi masyarakat sekarang ? Hanya cocok untuk kondisi masyarakat cina dulu ? Dulu saya juga punya pendapat seperti itu, karena saya belajar buddhisme awalnya dari theravada. Waktu itu saya sangat bersemangat & megagumi ajaran buddha dari sisi intelektual. Dari sisi intelektual juga saya akhirnya mengagumi ajaran mahayana setelah membaca buku dari YM Sangharakshita. Dari pengalaman hidup akhirnya saya memahami konsep kuan yin adalah kebutuhan spiritual dari kita manusia biasa yang cenderung lemah.

  • willyyandi

    ya, walau hanya ‘mitos’, namun terkandung makna yang sangat dalam dan indah. Sangharakshita memang seorang intelektual buddhis barat yang dianggap paling orisinal yang mengembangkan buddhisme bukan berdasar tradisi namun makna yang melatarbelakangi. kalo boleh tahu, anda baca buku Sangharashita yang judulnya ap?

  • wisdom

    Buku sangharakshita pertama yg saya baca adalah buku terjemahan terbitan karaniya, yaitu Zen Inti Sari Ajaran. Saya benar2 kagum dengan cara beliau menjelaskan tentang zen. Dari buku ini saya bisa memahami hubungan ajaran mahayana dengan ajaran buddha (theravada) yang awalnya saya pelajari. Sejak itu saya baru memahami posisi para dewa/bodhisattva dalam agama Buddha. Terus terang saya tertarik dengan pembicaraan anda dgn jack. Jelas Jack seseorang yang tertarik dengan masalah spiritual, bukan hanya buddhisme tapi juga mencoba mengaitkan/membandingkan ( mudah2an istilah saya nggak salah) dengan keyakinan (samawi)dalam ajaran/agama lain. Diskusi ini pasti jadi panjang dan menarik kalo mau diteruskan :p. Gaya bahasa jack juga menarik, punya makna yg dalam kalo mau dibedah lagi :p Seperti kata Sangharakhita : Bahasa punya keterbatasan dalam menjelaskan, tapi kita harus tetap mencoba menggunakan bahasa untuk menyampaikan suatu pesan/pikiran kita. Kalo Master Hui Neng menggambarkan seperti telunjuk dan bulan. Senang bisa berdiskusi dengan kalian :p Salammm semuanya ….Namo buddhaya….

  • willyyandi

    wah, menarik sekali sepertinya buku tersebut.
    kayanya buku tersebut sudah sulit didapat.
    saya juga kagum dengan beliau ketika membaca bukunya yang berjudul Jalan Mulia Berunsur Delapan. Ketika saya menulis buku tentang Jalan Mulia berunsur Delapan, buku karangan beliau menjadi acuan utama selain buku karangan Bhikkhu Bodhi (Therawada).
    Konsep Guan Yin (Kuan Im) juga sempat beliau utarakan ketika membahas tentang pikiran benar bagian welas asih.

  • wisdom

    Buku beliau yg dalam bahasa indonesia “zen inti sari ajaran” lebih tipis dari buku “jalan mulia bernsur delapan”. Tapi buku itu menurut saya sangat menarik, karena topik zen lebih sulit untuk dijelaskan. Kalo bisa baca juga buku beliau “A Survey of Buddhism Its Doctrines and Methods Through the Ages”, “Bringing Buddhism to the West: A Life of Sangharakshita” dan “Teaching of Vimalakirti”. Masih banyak juga buku beliau yg lain, tapi semuanya masih dalam bahasa inggris.

  • Jack_l33

    Dari satu ajaran / bimbingan seorang murid diberikan selembar kain / sapu tangan dan sebuah perkataan Anica. Sebuah kalimat terus diulang ulang… apakah yang membuat sang siswa mencapai tingkatan pencerahan.

    Dari sebuah ketidaktahuan akan maksud sabda sabda, beralih kedalam cara yang simpel dan sangat sederhana.

    Hari demi hari dilalui dengan mengucek ngucek kain tersebut berucap anica, dari saat bersih hingga kotor disore hari… mencuci kembali dan bersih. Terus berulang ulang, kotor – bersih – kotor – bersih.

    Perlahan namun pasti konsepsi berpindah dari pengamatan, kearah pikiran yang halus dan semakin halus. Menghadirkan banyak kesadarankah?

    Apakah sang siswa melihat bahwa segala yang berkondisi tidaklah kekal, terus berlanjut dalam perenungan dan terus melihat bahwa kain kotor dan kain bersih (hal yang berkondisi) tetaplah berproses tanpa akhir. Hingga kesadaran akan karma baik dan karma buruk melahirkan perpindahan tanpa henti ibarat surga dan neraka kah?

    Sehingga ada yang menyatakan bahwa bahkan surga sekalipun bukanlah suatu kebahagiaan sejati. Demikian juga pada ucapan sang buddha bahwa siapa yang melihat kebahagiaan sebenarnya adalah penderitaan dan sebaliknya.

    Mengapa dari sebuah bimbingan / sabda dapat melahirkan begitu banyak makna, segalanya berproses hingga mengacu pada kesadaran / pikiran.

    Be Happy

  • hadi

    saya pernah berjumpa dalam mimpi bertemu dgn dewi kwan im my face book : tengku baharudinsyah

  • enang

    1.Bagi mereka yang berimpi dsb nya bertemu dengan Kwam Im mohon berhati hati karena ada golongan siluman yang menyamar atau mahluk lain yang mirip. Ingat seorang Katolik akan berkata itu Bunda Maria dan seorang klenik Jawa mengatakan itu Nyi Roro Kidul dstnya. Pedomannya adalah simak perilakunya apakah sesuai dengan Dhamma yang bebas dari keduniawian: harta (kekayaan, rejeki/hoki) ,tahta (kekuasaan,kemasyuran dll),wanita (atau pria). Ajaran beliau mengandung sifat welas asih (tanpa permusuhan, tanpa pilih bulu), kedermawanan (menolong siapa saja terutama orang susah dst). 2. Kam Im adalah seorang Dewi ,beliau mempunyai sifat seperti Avalokitesvara dan bukan si Avalokitesvara itu sendiri yang di sebut sebagai seorang pria. Para ahli berusaha menghubungkan mitos Kwam Im di Cina dengan Mitos di India (terutama di aliran Mahayana), begitujuga legenda kisah Kwan Im sewaktu sebagai manusia dibuat cerita. Berikut ini adalah cerita versi saya (boleh percaya atau tidak) yang didapat dari dunia sana. 3. Kwan Im dahulunya seorang Bhiksuni di Cina pada tahun sekitar 300 atau 400 Masehi (tepatnya saya lupa tapi sesudah jaman Sam Kok). Beliau adalah rakyat biasa, bukan putri raja dan tidak mengorbankan tubuhnya. Beliau adalah seorang yang saleh dan suka menolong orang. Tidak saya ketahui apa tingkat kesucian nya saat itu tapi sesudah meninggal beliau terlahir di Tavatimsa dan saat ini mencapai tingkat kesucian Arahat. Seperti umumnya mahluk di Tavatimsa yang selalu menganjurkan kedermawanan (tidak harus dengan uang) tanpa pamrih begitu juga ajaran beliau dan begitu juga ajaran sang Buddha bagi umat awam sebagai pemula, karena langkah selanjutnya ada lagi tapi syarat awal ini sangatlah penting untuk mencapai tingkat kesucian selanjutnya. Pada hari perayaan tertentu Beliau mengunjungi Bumi.4.Bagi saya banyak mitos yang berbumbu tentang beliau seperti bermata seribu (melihat segalanya) dan sebagainya. Cobalah simak literatur India, juga Mahayana tertentu yang seni kesusastraannya berbunga-bunga. sekian.

  • satria

    Mohon bantuaanya, saya sedang mencari 32 atau 36 wujud dari Kwan Im Phusa. Kalau ada beserta gambar dan arti perwujudannya. Sudi kiranya mengirimkan email ke satria.pantura@yahoo.com. Trima kasih

  • http://www.green-sunday.blog.friendster.com Sanliana

    terima kasih Willy Yandi Wijaya. Sejak kecil sy sgt menyukai sosok Dewi Kwan Im. Ketika sudah besar, saya mengetahui fakta historis Beliau ternyata tidak ada. Saya lalu berpikir bahwa Sang Buddha yang sudah mencapai Nibbana memanifestasikan wujud Dewi welas asih karena beliau tergerak ketulusan hati dan kewelas asihan umat yang menyembah Sang Dewi. Kadang2 keyakinan sy masih sering goyah. Tetapi setelah membaca tulisan anda, say jadi merasa nyaman dan yakin kembali kepada Dewi Kwan Im.
    Salam hangat, sukses selalu

  • selmy

    iya dengan melihat wujudnya saja sudah terlihat klo beliau sangat welas asih…
    smoga dengan kita semua dapat mewujudkan nilai2 berwelas asih dlm kehidupan..
    _/\_

  • willyyandi

    Sdr. Sanliana,
    Saya juga tadinya seperti Anda. Di satu sisi memang saya tahu kenyataan bahwa Beliau tidak ada. Namun, sekarang saya yakin Beliau ada (karena Beliau adalah simbol bentuk welas asih dalam diri setiap org). Jadi jangan ragu kepada welas asih yang disimbolkan oleh Kwan Im. Tapi tentu jangan membuat Beliau menjadi dewi atau dewa yang akan membantu segala permasalahan dunia, karena segala hal yang dilakukan akan dituai oleh diri sendiri. Dan, ketika kita melakukan sagala sesuatu dengan keyakinan kepada Beliau (artinya melakukan segala sesuatu dengan welas asih) maka kebahagiaan pasti kita dapatkan

    terima kasih

  • Linna ang

    Bersyukur lah klu anda bs mndpt mimpi dr sang dewi, setahu saya hny org yg brht baik tulus lah yg bs mndpt kn mimpi dr sang dewi, jika anda di beri mimpi dr sang dewi brarti anda berjodoh dengan Nya enggak smua manusia bs memimpi kn ny..

  • Lili

    awalnya saya tidak pernah tau apa itu kwan im, tpi saya kemarin mimpi ada seorg kakek2 botak berbadan batu bilang Kwan im, akhirnya saya terbangun dan saya tulis kwan im di hp, biar bsknya saya bisa browsig di internet apa kwan im itu….dan akhirnya saya baru tahu Kwan im itu

  • Irfansensensen

    bila di lihat dari Rupang Nya,sudah kelihatan Beliau itu Welas Asih!!!Berapa kali sih aku uda mimpi Kwan Im!!!
    _/_