Beberapa permainan untuk Sekolah minggu

Beberapa permainan untuk Sekolah minggu
Dasa Paramita

1. MENIRUKAN GERAKAN BINATANG

Binatang Suara Gerakan
Kambing Embe Goyang pinggang
Ayam Kukuruyuk Tangan di pinggang lalu badan dibungkukan
Bebek Kwek Kwek Tangan di kepak2an (meniru gerakan bebek)

Mula2 lambat berlanjut sampai menyebut nama binatang dng cepat, anak sekolah minggu cukup mengikuti dengan suara dan gerakan yg sdh kita tentukan

2. SATU SATE TUJUH TUSUK

Sebagai pemanasan kita minta anak sekolah minggu menghitung dari 1-10 dengan cepat
Setelah itu minta mereka memanggil Nama seseorang tapi dng akhiran yg lama sampai nafas-nya habis.

Sebutkan bahwa permainannya adalah 1 Sate Tujuh Tusuk
Lakukan test tiup mic sblm menyebut : sate ayam, biawak, anak tukang Sate, sate padang, pacar tukang sate

Tahap awal minta masing2 anak menyebutkan 1 Sate Tujuh Tusuk sebanyak 2x,
Setelah semua selesai tingkatkan menjadi 4x, 6x, dst sampai ada yg salah menyebutkan
Permainan berakhir saat tinggal 1 anak saja.

3. SIMÂ SIMÂ TERIMAÂ KASIMÂ SIM

Minta anak2 untuk menebak jumlah buah yg disebutkan dlm lagu Sim2 Terimakasim dibawah ini :

Sim sim terimakasim sim, simpan buah RAMBUTAN tan, tanduk nama PISANG sang,

sanggup makan DELIMA ma, MANGGA rasanya ASEM sem, SEMANGKA berbiji ji,

jingga warna ANGGUR gur, guru membeli DUKU ku, KURMA dari arab rab,

LABU senin selasa sa, SALAK dari bali li, LIMAU buah PEPAYA.

Total ada 13 nama buah, tapi umumnya akan menjawab 12 karena LABU terdengar seperti rabu.

4. PERTANYAAN JAWAB CEPAT

Dibawah ini ada empat ( 4 ) pertanyaan dan satu pertanyaan bonus. Jawablah semua tanpa banyak pikir. Cuma boleh berpikir sedetik, jawab segera . OK?

Pertanyaan pertama:

Anda ikut berlomba. Anda menyalip orang di posisi nomor dua. Sekarang posisi anda nomor berapa?
Jawaban: Jika anda menjawab Nomor Satu, anda SALAH BESAR! Jika anda menyalip orang nomor dua, sekarang andalah yang ada di posisi nomor dua!

Jangan ngaco lagi, ya?.
Sekarang jawab pertanyaan kedua,
tapi jangan berpikir lebih banyak daripada ketika menjawab pertanyaan pertama tadi, OK ?

Pertanyaan Kedua:
Jika anda menyalip orang di posisi terakhir, sekarang anda di posisi??
Jawaban: Jika anda menjawab anda orang kedua dari terakhir, anda SALAH LAGI? Coba, bagaimana caranya menyalip orang TERAKHIR?

Anda sebetulnya tidak terlalu pintar, ? kan ?

Pertanyaan ketiga:
H itung-hitungan yang pelik! Catatan: kerjakan di pikiran anda saja.
JANGAN gunakan kertas atau pensil atau kalkulator. Cobalah.

Ambil 1000 dan tambahkan 40 padanya. Sekarang tambahkan 1000 lagi. Sekarang tambahkan 30 . !
Tambahkan 1000 lagi. Sekarang tambahkan 20. Sekarang tambahkan 1000
Sekarang tambahkan 10. Berapa totalnya?

Apakah hasilnya 5000 ?

Jawaban yang benar adalah 4100.

Kalau tidak percaya, cek dengan kalkulator!
Hari apes, ? kan ?
Mungkin di pertanyaan terakhir anda bisa benar…
….Mungkin.

Pertanyaan keempat:

Ayah Mary punya lima anak: 1. Nana, 2. Nene, 3. Nini, 4. Nono. Siapa nama anak kelima?

Apa anda menjawab Nunu?
BUKAN! Tentu saja bukan.
Anak kelima namanya Mary. Baca lagi pertanyaannya!

Okay, sekarang ronde bonus:

SEORANG bisu pergi ke toko dan ingin membeli sikat gigi. Dengan menirukan orang menggosok gigi, ia berhasil menyampaikan keinginannya pada penjaga toko dan ia berhasil membeli sikat gigi…
Berikutnya, seorang buta masuk ke toko itu dan ingin membeli kacamata hitam, bagaimana DIA menunjukkan keinginannya?
Langsung aja ngomong, dia kan gak bisu…

5. KISAH SEEKOR KELINCI

Seekor kelinci sedang duduk santai di tepi pantai, Tiba tiba datang se-ekor rubah jantan besar yang hendak memangsanya, Lalu kelinci itu berkata: “Kalau memang kamu berani, hayo kita berkelahi di dalam lubang kelinci, Yang kalah akan jadi santapan yang menang, dan saya yakin saya akan menang.”

Sang Rubah jantan merasa tertantang, “dimanapun jadi, Masa sih kelinci bisa menang melawan aku?” Merekapun masuk ke dalam sarang kelinci, Sepuluh menit kemudian sang kelinci keluar sambil menggenggam Setangkai paha rubah dan melahapnya dengan nikmat.

Sang Kelinci kembali bersantai, Sambil memakai kaca mata hitam dan topi pantai Tiba tiba datang se-ekor serigala besar yang hendak memangsanya, Lalu kelinci berkata : “Kalau memang kamu berani, hayo kita berkelahi di dalam lubang kelinci, Yang kalah akan jadi santapan yang menang, dan saya yakin saya akan menang. “Sang serigala merasa tertantang, dimanapun jadi, Masa sih kelinci bisa menang melawan aku?” Merekapun masuk ke dalam sarang kelinci, Lima belas menit kemudian sang kelinci keluar sambil menggenggam Setangkai paha serigala dan melahapnya dengan nikmat.

Sang kelinci kembali bersantai, Sambil memasang payung pantai dan merebahkan diri diatas pasir, Tiba tiba datang seekor beruang besar yang hendak memangsanya, Lalu kelinci berkata: “Kalau memang kamu berani, hayo kita berkelahi di dalam lubang kelinci, Yang kalah akan jadi santapan yang menang, dan saya yakin saya akan menang. “Sang Beruang merasa tertantang, “dimanapun jadi, Masa sih kelinci bisa menang melawan aku?” Merekapun masuk ke dalam sarang kelinci, Tiga puluh menit kemudian sang kelinci keluar sambil menggenggam Setangkai paha Beruang dan melahapnya dengan nikmat.

Pohon kelapa melambai lambai, Lembayung senja sudah tiba, habis sudah waktu bersantai, Sang Kelinci melongok kedalam lubang kelinci, sambil melambai “Hai, keluar, sudah sore, besok kita teruskan!!”

Keluarlah se-ekor harimau dari lubang itu, sangat besar badannya. Sambil menguap Harimau berkata ” Kerjasama kita sukses hari ini, kita makan kenyang Dan saya tidak perlu berlari mengejar kencang.”

Cerita ini bisa diberikan keanak2 sekolah minggu yg masih kecil, agar lebih menarik harus dilakukan dengan suara menirukan binatang yg ada dlm cerita.

  • irianto

    thanks banyak ya

  • agnes

    thanks a lot yah..
    if i can get more, it will be better..
    hehe..

  • http://PENYEJUKSADDHABUDDHANI Ali Sasana Putra

    Namo Buddhaya
    Waduh bagi-bagi ilmu yang lainnya lagi donkkk…
    Thank’s
    Ali

  • utarini

    Saya kok merasa cerita tentang kelinci (no.5) kurang cocok ya untuk anak-anak sekolah minggu yang masih kecil. Soalnya .. masak diceritakan kelinci makan paha rubah, paha serigala, dan paha beruang (???) Berbohong dong namanya (melanggar Pancasila ke-4), plus membenarkan pembunuhan (melanggar Pancasila ke-1).

    Selain itu yang nomor 2 juga ada yang kurang cocok, yaitu tentang sate. Apa yang mungkin dipikirkan anak-anak ketika guru sekolah minggu nya mengatakan tentang sate biawak(?), atau pacar tukang sate(?) ..

    Ini cuma opini saja ya .. silahkan diacuhkan bila kurang berkenan. ^_^

  • http://- Lidia Astuti

    Thanks banget buat permainan-permainannya yang cukup menarik…sangat membantu saya dalam pelayanan anak di Medan, baik itu untuk kelas balita, pratama n madya. gbu

  • ofi

    ASsalamu’alaikum
    thx y
    mayan

  • http://fortinmart.doc.ma/ adik kecil

    hehe, numpank baca artikelnya ya mbak

  • http://-- maria

    bagus juga…ide cemerlang!

  • Ibu Inung

    Terima kasih atas cerita yang lucu2, kapan2 akan saya bagi disekolah minggu di Rumbai Pekan Baru.

  • utomo

    wah terima kasih banyak, itu merupakan bahan-bahan yang saya cari, ada yang lain tidak, bagi-bagi donk, demi kemajuan anak Buddhis.
    thank you so much

  • arie

    thanks utk materinya.
    semoga terus diupdate!
    salam

  • Sumanadewi

    saya setuju banget dengan pendapat Utarini. Cerita buat anak-anak hendaknya cerita yang bisa meneladankan moralitas (sila). trus diakhir cerita diberi kesimpulan berupa pesan-pesan moral yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari…
    Pilihlah cerita yang lebih mengarahkan ke perubahan karakter atau yang memperkenalkan ajran Buddha.
    Itu menurut aku lho..hohoho.

  • Rianty

    Bro Utomo, kebetulan saya baru dikirimin ma teman buku sekolah minggu dari penerbit Ehipassiko. di dalam bukunya ada 52 Bab untuk 52 minggu. tiap bab ada 1 cerita dan 1 aktifitas untuk anak. ada buku untuk anak usia 5-8 thn dan untuk anak 9-13 thn, bayk gambar dan fullcolor. kata teman saya boleh minta sesuai jumlah anak kalo mau, gratis, coba hubungi penerbit tersebut hp: 081519656585

  • Dortauli

    Makasy buanyak buat ceritnya..kapan2 kasi ide yang baru ye

  • Yohanis Lintin

    he he he…. lucuuuuuuuuuuu, terima kasih

  • cahya

    makasih buat artikelnya ya..membantu banget
    akan saya bagi di sekolah minggu
    Tuhan memberkati

  • Antok

    Terima kasih.
    Akhirnya kebingungan saya trjawab. Semoga ini dapat menjadi wawasan baru bagi semua. Up date terus ya!
    Terimakasih

  • http://- Dedi Triandi

    Terima kasih atas permainan-permainannya, saya sangat senang membacanya.

    Semoga anak-anak Sekolah Minggu juga senang..

  • Ananda

    trima kasih y atas post nya :)

  • k ciwi

    haleluyah…
    pasti anak2 suka mainan kaya gini…
    numpang nyari ilmu yah…

  • mas bayu

    bisa dicoba neh

    matur nuwon ya
    Gusti Mberkahi

  • Ira Rumondang

    Tks untuk permainan sekolah minggu, bagus n lucu2, sy sgt bersukur blh dptin permainan ini, anak2 di Timika pasti senant

  • http://www.jasaseobali.com Layanan Jasa Seo

    Permainan ini pasti seru kalau dimainkan

  • http://Facebook Alex hasibuan

    Keren,,games nya mantap,thanks bnyak..Tuhan Yesus Memberkati..

  • k leo

    gamesnya bagus” … kalo ad kaya ginie harus dshare supaya yg lain juga pada tau … eheheh.
    Tuhan Yesus berkati

  • ria

    wa ,, permainan’e manjur,,,
    adek2 greja q, bisa agak tenang
    thanks ya…

  • tirza yuswati

    trims bt permainanya.ank2 pda seneng loh.. oh iya tambain yah bt permainan d dlm ibdah.
    trimz
    GBU

  • Dudung-tw

    wah makasih banget ya Ka’jadi semangat dech! GBU

  • Mabz Opall

    makazih,,,,,,GBU ALL

  • Ayulainsamputty

    mksh…
    sy sering bingung mw nyari permainan bwt anak2 sklhmggu….

  • Merycute_shakespeare

    keren…  q plg suka game ayah mary, aq ktwa mpe trbahak2

  • Ching_vidya

    ceritanya tdk ada makna… harusnya cerita yg diberikan utk anak-anak, hendaknya yg memiliki makna atau pesan moral yg baik

  • Niko Keng2x

    bagus.
    coba deh dikembangkan lagi agar lebih bermanfaat bagi kita semua :)

  • Phand_phand05

    ga ada amanatnya 

  • Abasnakstam

    maknax dimana

  • Sari

    qo g da ayat pendukungnya?
    harusnya di dukung dengan Firman Tuhan.

  • Petrus Thomas86

    permainan tidak hanya tinggal bermain saja, maka permain hrus di sertai dengan makna yang jelas agar orang yang membaca tau mengikutinya dapat memahami inti dari permainan tersebut dan akhirnya orang yang baru dapat menambahkan maknanya lebih meluas.

  • Jess_luck

    makna cerita kurang……
    apa tujuan kita menceritakan sebainya diterakan juga..

  • Say Yudi9

    ko g pernah diupdate? ayo diperbanyak demi pelestarian Buddha Dhamma.

  • Ligatjosep

    cerita yg bgus,,,,,amanatnya itu adalah dlm setiap pertandingan janganlah pernah memakai cara yang curang dan licik
     

  • metta

    ayo bang yudi ikut update dong. :)

  • metta

    cerdik boleh kan? :D

  • Fren35

    Terlalu ribet.
    cobalah berikan sebuah cerita yang simple tp bermakna atau dapat menambah kejelian anak-anak dan atau pesan moral bagi anak itu apa?

  • immanuelsanto@ymail.com

    permainannya banyak ya bagus

  • http://www.facebook.com/franciskha.rhusady Fransiska Rusady

    trimakasih buat permainan yg seru. GBU

  • Fien Hehahia

    Sangat membantu untuk bahan ceritera bagi anak2 tingkat TK. Trm ksh. Tuhan memberkati.